BERITA UTAMAMIMIKA

Bupati Cup U23 dan Galanita Resmi Bergulir, Dibuka Ketua DPRD Mimika Anthon Bukaleng

cropped cnthijau.png
3
×

Bupati Cup U23 dan Galanita Resmi Bergulir, Dibuka Ketua DPRD Mimika Anthon Bukaleng

Share this article
35ffc4c6 aa00 42d7 acc2 215ca47426ba
Kompetisi Bupati Cup U-23 Mimika.

Timika, fajarpapua.com – Perhelatan pertandingan sepakbola dengan tajuk “Bupati Cup U23 dan Galanita” resmi bergulir mulai 17 Juli – 15 Agustus 2022, secara resmi dibuka oleh Ketua DPRD Mimika, Anthon Bukaleng, di Stadion Wania Imipi, SP1, pada Minggu sore (17/07/2022).

Pertandingan dengan system setengah kompetisi itu melibatkan 9 klub galanita dan 20 klub sepakbola yang telah resmi bernaung di bawah Asosiasi Kabupaten (Askab) PSSI Mimika, yang diketuai Michael Gomar.

ads

Pada Minggu sore, pertandingan resmi dibuka setelah dilakukannya tendangan pertama / kick off oleh Ketua DPRD, Anthon Bukaleng, didampingi oleh Kapolres Mimika, AKBP I Gede Putra, Anggota Dewan Reddy Wijaya dan Julian Solossa, Sekum KONI Mimika, Cessar Avianto Tunya, Sekum Askab PSSI Mimika, Bobby Yakadewa, Ketua Panpel Bupati Cup, Ronny Marjen, yang juga sebagai Kepala Dinas Satpol PP Mimika, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata, Yacob Toisuta, Kepala Distrik Wania, Richard Wakum, serta pejabat terkait lainnya.

Mewakili Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, Ketua DPRD Mimika, Anthon Bukaleng, didaulat membawakan sambutan. Ia berharap kegiatan itu dapat menumbuhkan dan mencetak pemain-pemain yang handal, sehingga mampu menciptakan situasi kondusif bagi perkembangan olahraga sejuta umat ini di Mimika. “Serta melahirkan bibit-bibit atlet muda dan meningkatkan prestasi olahraga secara optimal dalam setiap penyelenggaraan iven kejuaraan olahrga baik dalam skala kabupaten maupun nasional. Secara resmi saya nyatakan dibuka. Selamat bertanding, selamat berolahraga,” ujarnya.

Sementara itu dalam sambutan Sekum KONI Mimika, Cessar Avianto Tunya, mengatakan kegiatan itu sebagai persiapan Mimika menghadapi seleksi Pra PON menuju PON XXI Aceh – Sumut. Dimana pada PON XX sebelumnya, Provinsi Papua telah mencetak sejarah dengan mengawinkan medali emas sepakbola putra dan putri yang tidak pernah terjadi dalam penyelenggaraan berbagai PON sebelumnya. Ditambah lagi tim futsal putra Papua juga menyabet emas, kala itu. Ia berharap dari Mimika dapat menyumbangkan para atletnya untuk memperkuat tim Papua berlaga di PON Aceh – Sumut pada tahun 2024 depan.

“Mudah-mudahan, di Bupati Cup usia 23 ini bisa ada atlet-atlet yang terpilih untuk mewakili Papua pada Pra-POn dan menuju PON Aceh – Sumut. Karena di PON 20 kemarin, ada atlet dari Mimika yang masuk dalam tim bola kaki dan futsal yang meriah medali emas. Kiranya ini menjadi motivasi untuk mempertahankan prestasi yang telah diukir. Hari ini, Bupati Cup menjadi tolak ukur untuk pencapaian prestasi yang lebih tinggi bagi anak-anak yang ada di tanah Amungsa bumi Kamoro. Selamat bertanding, jaga fair paly, rebut juara, rebut prestasi,” harapnya.

Sementara itu Sekum Askab PSSI Mimika, Bobby Yakadewa, mengungkapkan iven sepakbola itu seharusnya menjadi ajang tahunan. Namun karena pandemi Covid-19 maka barulah sekarang bisa dilaksanakan. Dari Bupati Cup U23 ini akan dilakukan pemantauan terhadap atlet-atlet yang berpotensi untuk memperkuat klub Persemi Mimika, untuk berlaga di Liga 3 PSSI Zona Papua yang akan digelar pada bulan Agustus sampai November depan.

“Kompetisi ini akan dijadikan ajang untuk memantau pemain. Ada tim telescouting yang telah dipersiapkan panitia. Adik-adik silahkan tunjukkan kemampuan terbaik kalian, mudah-mudahan bisa bergabung ke squad Persemi Mimika untuk ajang Liga 3. Junjung tinggi sportivitas, main dengan baik,” sebutnya.

Selain Cabor Sepakbola, Askab juga melirik Cabor Futsal, yang mana akan menyelenggarakan iven skala lebih besar dalam rangka menyambut HUT Kabupaten Mimika pada Oktober 2022 depan. Direncanakan Open Tournament Futsal itu akan melibatkan tim-tim dari seluruh pulau Papua dan Indonesia Timur.

“Askab Mimika bekerja sama dengan AFK, Asosiasi Futsal Kabupaten, Dispora dan KONI Mimika akan melibatkan Askab Provinsi untuk melibatkan klub-klub terbaik di Papua dan papua Barat maupun Indonesia timur pada Open Tournament Futsal, Piala Bupati. Kegiatan ini untuk menyongsong ulang tahun Kabupaten Mimika pada Oktober mendatang. Kemungkinan pada minggu kedua September kegiatan ini sudah jalan. Panitia sedang bergerak mempersiapkan,” bebernya.

Ketua Panpel Bupati Cup U23, Ronny Marjen, mengungkapkan kegiatan itu terdiri dari dua kompetisi yaitu pertandingan sepakbola putra U23 dan Galanita (Gabungan Sepakbola Wanita). Tujuan kegiatan ini sebagai wadah bagi para atlet untuk menunjukkan prestasi serta untuk membina dan membangun klub-klub sepakbola. Dengan harapan akan tumbuh atlet-atlet sepakbola muda dari tanah Mimika, baik putra maupun putri.

“Besar harapan kami dengan giat-giat olahraga membangun atmosfer persaingan yang konstrutif, membangun dan menciptakan generasi yang jauh lebih sehat dan berprestasi. Kegiatan ini dilaksanakan sampai maksimal tanggal 15 Agustus, diharapkan akan sudah ada final. Lapangan yang kami gunakan ada dua, di lapangan stadion Wania dan di lapangan Brigif IJK 20,” tuturnya.

Tak lupa ia mengucap terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Mimika yang telah mendukung pembiayaan kegiatan itu serta bagi seluruh pihaknya yang turut menyukseskan iven ini sampai selesai di bulan depan. Ia berharap di pasca pandemi Covid-19, kegiatan serupa dapat terus digalakkan, guna pengembangan prestasi olahraga dari Kabupaten Mimika.

“Kompetisi ini memperebutkan piala bergilir, dan piala tetap untuk juara satu, dua, tiga dan empat. Juga bagi tim fair play, pencetak gol terbanyak atau top scor, pemain terbaik, kipper terbaik dan memperebutkan hadiah uang pembinaan. Dengan total, 87 juta 500 (ribu rupiah) untuk putra dan 47 juta 500 (ribu rupiah) untuk putri. Semua pembiayaan ini bersumber dari hibah pemerintah kepada Askab Mimika. Kami berharap kegiatan seperti ini setelah Covid selesai, aktivitas olahraga dan aktifitas di luar lapangan bisa kembali digiatkan, menyemarakkan Kabupaten Mimika kita yang kita cintai,” tandasnya.

Setelah upacara pembukaan Bupati Cup U23 dan Galanita, pertandingan perdana mempertemukan penghuni Grup A yaitu, PS. Wania Imipi versus PS. Bintang Timur. Laga tanding berlangsung dengan seru disaksikan para penonton yang memenuhi tribun stadion untuk memberikan dukungan bagi tim favoritnya.

Skor kemenangan 4-1, bagi PS. Wania Imipi. Gol bagi Wania Imipi dicetak oleh Alfonso M. (Nomor Punggung / NP. 11) pada menit ke-10, Fredy (NP. 6) pada menit ke-20, Iqra Risky (NP.16) pada menit ke-76, serta Ronal (NP.10) pada menit tambahan yaitu menit ke-82. Gol balasan semata wayang PS. Bintang Timur tercipta sekejab setelah gol terakhir Wania, di menit ke-82. Pertandingan dipimpin oleh wasit kepala David Nursaly.

Dijadwalkan pada Senin (18/07/2022) akan turun main mulai pukul 14.30, di lapangan Stadion Wania Imipi, pertandingan pertama mempertemukan penghuni grup A, Lapago vs Humbelo. Pertandingan kedua antara penghuni grup B yaitu Aruka dan Puncak Cartenz. Sementara di lapangan Brigif-20/IJK, KM 14 Jalan Mapuru Jaya, pertandingan pertama adalah Cenderawasih lawan Airlines, yang merupakan penghuni grup B. pertandingan kedua dari grup C yaitu Mimika United vs Meepago. (Sekretariat/Humas Panpel Bupati Cup)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *