BERITA UTAMAMIMIKA

Basarnas Gelar Rakor Kinerja SAR Daerah di Timika, Laksamana Ribut Eko: Hasilkan Ide Progresif dan Inovatif

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
9
×

Basarnas Gelar Rakor Kinerja SAR Daerah di Timika, Laksamana Ribut Eko: Hasilkan Ide Progresif dan Inovatif

Share this article
IMG 20220822 WA0020
Foto: Mas Laksamana Pertama Ribut Eko Suyanto berfoto bersama Wabup Mimika, Johannes Rettob berpose bersama usai pembukaan rapat koordinasi.

Timika,fajarpapua.com– Badan SAR Nasional (Basarnas) melalui Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika, Kabupaten Mimika Provinsi Papua, melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) SAR Daerah dan Pelatihan Potensi SAR Tahun 2022, di Hotel Horizon Ultima Timika, Senin (22/8).

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Deputi Bidang Operasi Pencarian dan Pertolongan, dan Kesiapsiagaan Basarnas, Laksamana Muda Ribut Eko Suyanto,S.E,M.M.

ads

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Kabupaten Mimika, Johannes Rettob, Forkopimda Kabupaten Mimika serta tamu dan undangan.

Kegiatan dikuti oleh 100 peserta dari Kantor SAR Timika dan utusan dari seluruh potensi SAR di Kabupaten Mimika.

Deputi Bidang Operasi Pencarian dan Pertolongan, dan Kesiapsiagaan Basarnas, Laksamana Muda Ribut Eko Suyanto, dalam sambutannya saat membuka kegiatan tersebut mengatakan bahwa kegiatan Rakor SAR Daerah di Timika diharapkan dapat melahirkan ide-ide yang dapat membantu SAR Timika dalam meningkatkan kinerja kerja.

“Rakor ini sebagai forum diskusi mengahasilkan ide-ide yang progresif, kreatif dan inovatif dalam meningkatkan kinerja Tim SAR yang lebih baik dimasa mendatang,” kata Ribut.

Selain itu, Rakor juga sebagai representasi Basarnas bersama Potensi SAR di daerah kerja berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Ribut menjelaskan bahwa sesuai dengan amanat UU, Basarnas memiliki tugas utama dalam penyelenggaraan operasi SAR yaitu pencarian, menolong, menyelamatkan dan evakuasi korban pada kecelakaan bencana.

Dalam melaksanakan tugas Basarnas tidak bekerja sendiri, Basarnas didukung oleh potensi SAR yang di masing-masing daerah.

“Basarnas juga melaksana fungsi pembinaan terhadap potensi SAR. Adapun bentuk pembinaan itu adalah dengan melakukan kordinasi dengan potensi SAR seperti yang dilaksanakan pagi ini,” kata Ribut.

Dirinya mengajak kepada seluruh peserta yang hadir pada kegiatan ini agar dapat mengikuti semua materi yang dipaparkan oleh para instruktur dengan baik sehingga ketika nanti di lapangan dapat mengaplikasikannya dengan baik pula.

“Saya berpesan kepada peserta sekalian, ikuti dan serapi materi yang diberikan pada pelatihan potensi SAR, selalu kompak,” kata Ribut.

Dirinya juga berpesan agar sinergitas antara Kantor SAR Timika dengan pemerintah daerah dan seluruh potensi SAR yang ada di Timika yang sudah terjalin dengan baik tetap dijaga dengan baik pula.

“Komunikasi menjadi nadi yang penting dalam berkordinasi, Koordinasi menjadi hal yang krusial dalam membangun sinergitas dan sinergitas akan menghasilkan soliditas,” kata Ribut.

Wakil Bupati Kabupaten Mimika Provinsi Papua, Johanes Rettob, dalam sambutannya menyampaikan terimakasih banyak kepada Basarnas Republik Indonesia melalui Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika yang telah melaksanakan kegiatan Rapat SAR Daerah dan Pelatihan Potensi SAR Tahun 2022.

“Atas nama pemerintah daerah Kabupaten Mimika, kami apresiasi kepada Basarnas atas rapat koordinasi dan pelatihan Potensi SAR di Timika,” kata Wabup John.

John mengatakan wilayah Kabupaten Mimika terdiri delapan distrik di wilayah pesisir pantai , lima distrik di dalam kota Timika dan sisanya di wilayah penggunaan dengan topografi alam yang sangat ekstrim dalam memberikan pelayanan transportasi baik di laut maupun udara.

Pelaksanaan transportasi di wilayah Mimika sangat tergantung pada kondisi cuaca.

“Topografi yang sulit, jadi membuat kita betul-betul berhati hati dalam melaksanakan sebuah transportasi baik di udara maupun di laut,” kata Wabup John.

Oleh karena itu dirinya berpesan agar seluruh peserta yang ikut dalam kegiatan ini dapat mengikutinya dengan baik.

“Seluruh peserta yang mengikuti pelatihan ini dapat mengikuti pelatihan dengan baik. Instansi saudara mengirim saudara untuk mengikuti pelatihan ini.Perhatikab dengan baik apa yang diberikan dalam pelatihan. Sehingga setelah selesai pelatihan saudara menjadi ujung tombak dalam melaksanakan bantuan pencarian dan pertolongan kepada korban,”kata John. (mas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *