BERITA UTAMAMIMIKA

Genangan Air di Hutan Sagu Jadi Sarang Nyamuk, Kelurahan Wania Darurat Banjir, Surati PUPR Mimika Minta Alat Berat

cropped cnthijau.png
5
×

Genangan Air di Hutan Sagu Jadi Sarang Nyamuk, Kelurahan Wania Darurat Banjir, Surati PUPR Mimika Minta Alat Berat

Share this article
cfadfd2d 2f3e 4743 ac15 935d478e2059
Genangan air di pemukiman warga Kelurahan Wania.

Timika, fajarpapua.com – Hujan deras yang melanda hampir dua bulan belakangan ini di sejumlah wilayah sekitar kota Timika mengakibatkan banyak titik tergenang air. Seperti yang terjadi di Distrik Iwaka dan juga Mimika Timur.

Kepala Kelurahan Wania Distrik Mimika Timur, Everth Kukuareyau, S.STP kepada fajarpapua.com, Sabtu, (27/8) mengatakan mengantisipasi genangan air khususnya di kelurahan Wania, pihaknya telah menyurat ke Dinas PUPR Mimika.

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

“Kami sudah layangkan surat dengan harapan Pemda segera menurunkan alat berat untuk melakukan pengerukan got atau parit menuju kali Wania,” harap Everth.

Ia mengemukakan, secara khusus RT 03 Kelurahan Wania, air tergenang sampai menutupi akses jalan lingkungan.

“Karena ada timbunan yang menutup parit atau drainase sehingga saluran air menjadi mapet tidak dapat mengalir ke kali Wania. Selain itu, kelurahan Wania RT. 03 pada bagian selatan atau berjarak 50 meter dari rumah warga, adalah hutan rawa atau dusun sagu yang mana daerah penuh genangan air,” pungkasnya.

“Di bagian saluran air di belakang pekarangan warga atau di hutan sagu ada got berukuran besar. Tetapi got tersebut dipenuhi rumput dan eceng gondok sehingga air tidak mengalir ke kali Wania,” tutur Everth yang baru saja menggantikan Vincent Apoka, ST sebagai Kepala Kelurahan Wania itu.

Dengan kondisi macetnya aliran air di lingkungan warga RT.03 Kelurahan Wania, dirinya sudah berusaha bersama staf kelurahan, Ketua RT. 03, untuk menyadarkan warga agar bersih-bersih lingkungan.

“Tapi curah hujan yang tinggi membuat warga kesulitan untuk membersihkan. Kami minta dinas PUPR segera menurunkan alat berat ke wilayah Miktim,” harap Everth.

Selain kelurahan Wania, potret yang sama juga terjadi di beberapa kampung di Miktim, seperti Kampung Mware, Kaugapu, Hiripau dan kompleks Cenderawasih.

Sehingga ia meminta agar Pemda Mimika segera melihat persoalan tersebut. Dimusim penghujan seperti ini, banyak genangan air yang membuat nyamuk penyebab malaria berkembang pesat.

“Saya mengajak warga masyarakat di Kelurahan Wania untuk peduli menjaga lingkungan tempat tinggal masing-masing,” ajak Everth.(edy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *