BERITA UTAMAPAPUA

Pemkab Jayapura Peringati Hari Aksara Internasional, 4000 Lebih Warga Belum Bisa Baca Tulis

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
7
×

Pemkab Jayapura Peringati Hari Aksara Internasional, 4000 Lebih Warga Belum Bisa Baca Tulis

Share this article
IMG 20220908 WA0050
Sejumlah siswa saat melakukan tari-tarian

Jayapura,fajarpapua.com-Wakil Bupati Jayapura, Giri Wijayantoro, menghadiri peringatan Hari Aksara Internasional (HAI) yang digelar di Lapangan Upacara Kantor Bupati.

Ads

Peringatan HAI itu dihadiri ratusan siswa SD, SMP dan SMA serta guru-guru dan instansi terkait yang ada di wilayah Kabupaten Jayapura, Kamis (8/9).

Wakil Bupati Jayapura, Giri Wijayantoro, menyampaikan pada peringatan Hari Aksara Internasional (HAI) tidak ada lagi buta aksara di Kabupaten Jayapura.

“Hari ini kita sudah merayakan Hari Aksara Internasional yang ke-57, tetapi masih banyak ditemukan ada 4000 lebih warga buta aksara. Ini jadi tanggung jawab kita bersama untuk berantas buta aksara,” kata Giri Wijayantoro.

Ia menyebutkan, salah saru upaya pemerintah dalam memberantas buta aksara di Kabupaten Jayapura adalah melakukan pendataan pada masyarakat dan mengajak mereka serta membinanya untuk ikut belajar kembali. “Jadi kita data dulu ya, karena banyak yang malu kalau dibilang tidak tau baca tulis, sehingga butuh juga dukungan dari keluarga untuk bisa mereka diajarkan agar melek buta aksara,” ujarnya.

Dikatakannya, untuk membantu menuntaskan buta aksara ini, polisi juga telah membantu pemerintah dengan mendatangi warga ke kampung-kampung mengajarkan mereka baca tulis. Dengan adanya program baca tulis dari Polres Jayapura ini sanga membantu pemerintah Kabupaten Jayapura.

“Tadi dalam peringatan HAI sudah ada yang dapat sertifikat lulus bisa baca tulis oleh Polres Jayapura melalui program gabus. Program ini cukup bagus ya bantu pemerintah, “ ungkapnya.(hsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *