BERITA UTAMAPAPUA

Operasi Zebra Cartenz, Mobil Dengan Tangki Modifikasi Terjaring Razia, Pemilik Digelandang ke Kantor Polisi

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
6
×

Operasi Zebra Cartenz, Mobil Dengan Tangki Modifikasi Terjaring Razia, Pemilik Digelandang ke Kantor Polisi

Share this article
IMG 20221011 WA0066
Foto: HSB Mobil minibus yang mengangkut jerigen dan tangki modifikasi saat terjaring razia yang digelar Polresta Jayapura.

Jayapura, fajarpapua.com- Polres Jayapura Kota mengamankan satu unit mobil pada saat Operasi Zebra Cartenz di Pelabuhan Jayapura.

Mobil ini diamankan karena ditemukan beberapa jirigen dan tangki mobil di modifikasi untuk digunakan mengisi BBM di SPBU.

ads

Kabag Ops AKP M.B.Y. Hanafi mengatakan, terkait temuan ini, pihaknya akan mengambil langkah-langkah Kepolisian baik melalui Undang-Undang Lalulintas dan penyidikan terkait beberapa jerigen yang ditemukan didalam mobil untuk mengisi BBM di SPBU.

Kabag Ops AKP Hanafi menjelaskan, mobil Daihatsu Sigra warna merah yang ditemukan petugas saat razia Ops Cartenz tersebut, awalnya diberhentikan karena tidak menggunakan plat nomor atau TNKB.

Namun saat diperiksa ditemukan ada lima buah jerigen ukuran 35 liter didalam mobil, dan didapati ada selang yang terhubung dari ujung penutup tangki ke salah satu jerigen.

“Saat diperiksa, pengendara mobil mengatakan bahwa jerigen tersebut digunakan untuk mengisi BBM jenis Pertalite di salah satu SPBU yang ada di Kota Jayapura, namun masih akan kami dalami dulu melalui penyelidikan,” ujar Kabag Ops AKP Hanafi, didampingi Kanit Turjawali Sat Lantas Ipda Syafruddin, Selasa (11/10).

Lebih lanjut kata AKP Hanafi, saat hendak diperiksa surat-suratnya oleh petugas, pengendara mobil kemudian menghilang dari lokasi razia dan kini belum datang ke Mapolresta Jayapura Kota untuk mengecek mobilnya, sementara mobilnya telah diamankan di Mapolresta.

“Kami juga akan menelusuri kira-kira SPBU mana yang mengetahui adanya temuan mobil dengan tangki modif seperti ini, pasti SPBU tersebut mengetahui karena secara kasat mata ketika tutup tangki dibuka terlihat ujung selang yang berada dilobang tangki,” tandasnya.

Dikatakan pihaknya telah memerintahkan Satuan Reskrim untuk mengecek kendaraan tersebut, karena saat diperiksa pengendara tidak dapat menunjukkan surat-surat kepemilikan dengan alibi mengambil surat-surat didalam mobil kemudian menghilang meninggalkan lokasi razia.

“Kami juga akan lakukan proses hukum terkait tindak pidana Migas bila nanti terbukti menyalahgunakan BBM, termasuk SPBU yang melayani jenis-jenis mobil seperti ini, bila terpenuhi unsur pidananya maka akan diambil langkah tegas dengan diproses hukum sesuai aturan yang berlaku,” tegas Kabag Ops Polresta Jayapura Kota AKP Hanafi.(hsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *