BERITA UTAMAMIMIKA

Warga Diminta Waspada, Desember Hingga Januari 2023 Timika Dilanda Hujan Lebat Disertai Angin dan Petir

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
8
×

Warga Diminta Waspada, Desember Hingga Januari 2023 Timika Dilanda Hujan Lebat Disertai Angin dan Petir

Share this article
IMG 20221227 WA0038
Nampak layar monitor di BMKG Timika memperlihatkan pergerakan angin dari arah barat menuju timur.Foto: Febri

Timika, fajarpapua.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Timika diminta waspada karena selama Bulan Desember hingga Januari 2023 mendatang akan terjadi hujan lebat yang disertai petir.

Meski demikian meski terjadi hujan lebat namun durasinya hanya berlangsung singkat, dan terjadi pada sore hari.

Ads

“Desember ini hujannya bersifat lebat tapi durasinya sebentar, kemudian juga disertai petir,” ujar Forecaster BMKG Timika Sony Hartono saat ditemui fajarpapua.com, Selasa (27/12).

Sebelum terjadi hujan di sore hari kata Sony, pada pagi dan siang hari cuaca sering terjadi panas, dan kemudian hujan dengan lebih banyak awan dari arah utara dan barat.

“Karena memang awannya dari arah barat yang dominan di Desember ini, untuk Januari 2023 pun polanya sama,” katanya.

“Pada Desember dan Januari biasanya terjadi angin kencang dengan kecepatan maksimal anginnya mencapai 23 knots,” lanjutnya.

Selain itu juga angin kencang yang terjadi juga tidak berlangsung lama dan untuk Mimika yang terbiasa dengan angin yang lambat kecepatan 15 knots sudah termasuk kencang.

“Kasus angin kencang ini sejak awal Desember telah terjadi beberapa kali dan pada Selasa ini juga terjadi angin kencang selama kurang lebih 2 jam,” terangnya.

Untuk arah angin lanjutnya rata-rata datang dari arah barat ke arah timur, sementara untuk tinggi gelombang air laut di perairan Mimika mencapai 1.25 hingga 2.50 meter.

Forester BMKG Timika itu mengimbau kepada para nelayan untuk tetap waspada dan selalu memantau perkembangan informasi tentang cuaca sebelum beraktivitas. (feb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *