BERITA UTAMAMIMIKA

Hadirkan UMKM Mimika, Papua Muda Inspiratif Gandeng Kadin Berbagi Ilmu Jadi Enterpreneur Sukses

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
7
×

Hadirkan UMKM Mimika, Papua Muda Inspiratif Gandeng Kadin Berbagi Ilmu Jadi Enterpreneur Sukses

Share this article
IMG 20221228 WA0059
Suasana kegiatan diskusi bincang akhir tahun untuk menjadi enterpreneur yang kuat.

ads

Timika, fajarpapua.com – Papua Muda Inspiratif (PMI) Mimika menggandeng Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Mimika berbagi ilmu kiat-kiat menjadi enterpreneur yang sukses, dengan mengelar bincang akhir tahun di kantor Kadin Mimika, Rabu (28/12).

Bincang akhir tahun mengambil tema revolusi mental tersebut diikuti oleh para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di Kabupaten Mimika, dengan menghadirkan narasumber yaitu ketua Kadin Mimika Bram Raweyai, Ketua Papua Muda Inspiratif Eka Kora dan Miss Teenager Baverly.

Mewakili Plt Bupati Mimika, Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan Maria Rettob dalam sambutan pembukaan mengatakan, diharapkan kegiatan ini menjadi awal kebangkitan UMKM Kabupaten Mimika dengan memberdayakan potensi-potensi yang ada.

“Dengan adanya motivasi yang baik dari para narasumber diharapkan semua UMKM bisa bangkit dan menyukseskan apa yang menjadi program pemerintah yaitu UMKM yang maju dan mandiri. Sehingga saya berharap para pengusaha muda bisa termotivasi memanfaatkan potensi yang ada dan bisa menjadi pengusaha yang sukses untuk membawa kemakmuran bagi masyarakat Mimika,” tuturnya.

Menurut dia, pemerintah Kabupaten Mimika sangat serius memberdayakan UMKM agar bisa maju dan mandiri. Hal tersebut dilakukan agar para pengusaha termotivasi menggali potensi yang ada di Kabupaten Mimika.

“Banyak sekali potensi yang ada di daerah ini, dinas-dinas terkait harus melakukan pengembangan-pengembangan terhadap potensi yang ada. Contoh sagu dibuat olahan-olahan bervariasi, begitu juga yang lain,” ujarnya.

Sementara Ketua Kadin Mimika Bram Raweyai mengatakan, Plt Bupati Johannes Rettob
selalu menggelorakan semangat bagaimana UMKM di Mimika bisa mandiri dan maju serta bisa menjadi enterpreneur yang sukses.

“Pak Plt selalu terus berupaya bagaimana membuka pintu untuk kita bisa semangat dan membuat kebijakan-kebijakan agar kita bisa bergandeng tangan memajukan program-program pemerintah,” tukasnya.

Menurut dia, ada empat program Pemerintah yaitu UMKM Mandiri, Pengolahan Sampah menjadi barang yang mempunyai nilai jual, swasembada pakan ternak dan swasembada daging sapi serta ayam. Untuk menyukseskan program tersebut maka para pelaku UMKM harus bergandengan tangan dengan melihat peluang dari program Pemerintah tersebut.

“Kita harus sambut bola ini, kita kolaborasi, kita tidak bisa jalan sendiri-sendiri untuk bangkitkan semangat dari program pemerintah tersebut,” tuturnya.

Ia mengungkapkan kegiatan yang dilakukan saat ini sangat baik, hal tersebut bisa membangkitkan semangat para pelaku UMKM. Pasalnya dengan berbagi ilmu dan memberikan dukungan kepada UMKM akan membangkitkan semangat bersama-sama memanfaatkan potensi yang ada di Mimika.

“Saya yakin selama kita mau bergandengan tangan pasti bisa, apalagi didukung penuh oleh Pemerintah,” ungkapnya.

Sedangkan ketua Ketua Papua Muda Inspiratif Eka Kora mengatakan, tidak ada suatu usaha yang didirikan langsung berhasil, semua butuh perjuangan serta membutuhkan motivasi dari para pengusaha yang sudah sukses. Selain itu juga harus melakukan sinergi bersama Pemerintah dan organisasi pengusaha untuk menjalin relasi.

“Semua pengusaha sukses mengawali usahanya dari bawah, semua butuh proses dan motivasi. Kita semua pasti merasakan jatuh bangun yang membuat kita menjadi pengusaha yang tangguh,” ujarnya.(ron)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *