BERITA UTAMAMIMIKA

Musdat ke-3 Lemasa Mimika Resmi Dibuka, Ini Tiga Nama Calon Ketua

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
14
×

Musdat ke-3 Lemasa Mimika Resmi Dibuka, Ini Tiga Nama Calon Ketua

Share this article
IMG 20230119 WA0036
Pemasangan kartu peserta Musdat menandai dibukanya Musdat

ads

Timika, fajarpapua.com – Musyawarah Adat (Musdat) ke-3 Lembaga Musyawarah Adat Suku Amungme (Lemasa) resmi dibuka di Cartenz Hotel jalan Budi Utomo Timika, Kamis (19/1). Kegiatan tersebut akan berlangsung selama 2 hari hingga Jumat (20/1) besok.

Musdat diselenggarakan dengan tujuan untuk Amungme bersatu, bangkit, kuat, mandiri dan bermartabat. Sedangkan tema yang diusung “Dengan semangat Musdat ke-3 kita kembalikan roh Lemasa yang hilang”.

Sesuai agenda, dalam Musdat akan dilakukan pemilihan ketua Lemasa periode 2023-2028. Adapun calon yang mendaftar dan sudah memenuhi syarat yakni Frans Pinimet, Yopi Magal dan Yohanis Wantik.

Kelengkapan Amungme Nosorei Donatus Kelanangame dalam sambutan pembukaan berharap pelaksanaan Musdat ini Suku Amungme bersatu untuk generasi yang akan datang. Pasalnya saat ini suku Amungme terpecah karena kepentingan masing-masing individu.

“Junjung tinggi adat suku Amungme, mari kita mendukung ini semua. Kalian semua Amungme sama seperti saya mari kita bersatu,” katanya.

Menurut dia, menjadi pengurus Lemasa harus jujur dan terbuka karena tugas mandatori adalah memberikan motivasi kepada generasi muda agar menjadi baik bukan menyesatkan yang membuat perpecahan.

“Tidak boleh tipu-tipu supaya umur panjang. Saya minta generasi kedepan bangkit dan bersatu,” ungkapnya.

Sementara Mandatori Amungme John Menuel Magal mengatakan, Musdat ini untuk mengembalikan roh Lemasa sehingga Amungme bisa bangkit dengan berbagai macam kegiatan dibawah kepengurusan yang baru, bisa terlibat dalam semua aspek.

“Kami ini Lemasa bangkit, kalau tidak ada yang membangkitkan itu susah. Satu-satunya lembaga yang bisa membangkitkan masyarakat adalah Lemasa. Tapi sekarang Lemasa dibuat kepentingan sehingga dikerdilkan peranannya dan tidak berperan dengan baik,” katanya.

Ia berharap setelah dilakukan Musdat membentuk pengurus definitif sehingga bekerja dengan baik dan bermitra dengan semua lembaga yang relevan.

“Membuka diri, jalin komunikasi dan hubungan kepada semua pihak dan bermitra dengan Pemerintah, itu yang kami harapkan setelah Musdat ini,” ujarnya.(ron)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *