BERITA UTAMAPAPUA

Si Jago Merah Mengamuk, Bank Papua dan Sejumlah Ruko di Agats Ludes Terbakar

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
12
×

Si Jago Merah Mengamuk, Bank Papua dan Sejumlah Ruko di Agats Ludes Terbakar

Share this article
bcb3038b dd73 4914 b5c1 4e60183de5a4
Kobaran api menghanguskan rumah warga dan bank Papua Agats.

Asmat, fajarpapua.com – Kebakaran hebat kembali terjadi di Kota Agats, Kabupaten Asmat, Papua Selatan, Selasa (06/6/2023) pagi. Kali ini sejumlah ruko dan Bank Papua Teras Cemenes-Unit Agats, di Jl. Yos Sudarso, menjadi sasaran amukan “si jago merah”.

Pantauan awak media di lokasi TKP, api yang menjalar begitu cepat membuat masyarakat dan gabungan aparat TNI-POLRI setempat mengalami kesulitan untuk memadamkan kobaran api.

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

Selain bangunan semi permanen dari konstruksi bahan kayu yang mudah terbakar, karena keterbatasan air dan sarana pemadam kebakaran di tempat ini mengakibatkan masyarakat sulit memadamkan api.

Dengan alat seadanya, aparat gabungan TNI-POLRI serta masyarakat setempat berjibaku untuk menghentikan kobaran api yang hendak menjalar ke rumah warga lain yang berdempetan.

Salah seorang saksi, Idil, (tukang bangunan) yang saat awal kejadian sementara bekerja di salah satu bangunan rumah di TKP menuturkan dirinya sedang mengecat dinding rumah di lantai dua, tiba tiba muncul asap api dari bawah rumah tetangga. Dalam sekejap api menjalar ke rumah rumah yang lain.

Sementara bangunan lantai dua yang dikerjakannya berbahan beton sehingga tidak terbakar dan memutus kobaran api yang akan merambat ke dalam rumah dan rumah warga di sebelah barat.

“Saya sementara kerja ngecat, tiba tiba asap masuk ke dalam rumah. Saya tidak tau dari mana, lalu saya ambil mesin saya lari turun,” ungkap Idil.

Sementara itu, Kabag OPS Polres Asmat, AKP Piter Kendek, S.Sos.,MM saat ditemui di lokasi TKP mengatakan kebakaran tersebut terjadi sekira pukul 09.30 WIT dan kobaran berhasil dipadamkan pada pukul 10.56 WIT atas kerjasama pihaknya dari Kepolisian Resor Asmat dengan satuan TNI ; Koramil 1707-08 Agats, Satgas Pamtas Yonif Raider 600/Modang Pos Agats, serta masyarakat setempat.

“Kebakaran ini mulai dari jam 09.30 sampai dengan 10.56 WIT. Ada beberapa rumah bahkan toko termasuk Bank Papua yang terbakar. Untuk itu, kerugian material belum bisa diprediksi, karena itu masih dalam tahapan penyelidikan,” jelas AKP Piter.

Kabag OPS Polres Asmat juga melaporkan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran ini.
Atas inisiatif dan kerelaan semua pihak yang turut membantu memadamkan api, dirinya atas nama Kapolres Asmat menyampaikan terima kasih. (Jef)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *