BERITA UTAMAMIMIKA

1.740 Kilogram Biji Kakao asal Mimika Dikirim ke Makassar

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
8
×

1.740 Kilogram Biji Kakao asal Mimika Dikirim ke Makassar

Share this article
IMG 20230725 WA0002
Nampak petugas Kantor Karantina Pertanian Timika saat memeriksa biji kakao milik Koperasi Buah Dewa yang akan dikapalkan ke Makassar.Foto: Istimewa

Timika, fajarpapua.com– Kakao saat ini menjadi salah satu komoditas unggulan perkebunan Kabupaten Mimika yang cukup menjanjikan.

Pada Senin (24/7) kemarin , sebanyak 1.740 kilogram biji kakao milik Koperasi Buah Dewa dikirimkan ke Kota Makassar melalui Pelabuhan Laut Pomako.

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

Terkait pengiriman hasil perkebunan ke luar daerah, Pejabat Karantina Pertanian Timika telah melakukan pemeriksaan terhadap komoditas dimaksud sebelum dikapalkan.

Pemeriksaan dimaksud untuk memastikan bahwa biji Kakao sehat dan bebas dari Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (OPTK).

“Biji kakao dalam kondisi sehat, tidak ditemukan organisme pengganggu tumbuhan dan tidak ada yang busuk. Sehingga dapat diterbitkan Sertifikat Pelepasan Karantina Tumbuhan (KT-12),” ungkap Khoiruddin Siregar, selaku pejabat karantina yang bertugas.

Komoditas lokal unggulan ini diharapkan menjadi potensi pertumbuhan yang besar karena di dukung oleh sumber daya pertanian yang berlimpah dan permintaan domestik yang besar. (mas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *