BERITA UTAMAMIMIKA

Dinyatakan Sehat, 30 Ekor Reptil Asal Timika Diterbangkan Menuju Pulau Jawa

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
13
×

Dinyatakan Sehat, 30 Ekor Reptil Asal Timika Diterbangkan Menuju Pulau Jawa

Share this article
01132e0d c8cc 4c3d a72b 2e641ae4670e
Pejabat Karantina Pertanian Timika saat melakukan pemeriksaan pada 30 puluhan reptil yang akan dikirim keluar daerah,

Timika, fajarpapua.com– Keanekaragaman hayati Kabupaten Mimika memang luar biasa. Tak hanya dianugerahi tanah yang subur, flora dan fauna pun terhitung banyak dan beragam, salah satunya hewan reptil.

Berbagai jenis reptil dengan habitat di wilayah Papua bagian selatan ini, banyak ditemukan di Timika serta menarik kolektor di luar Papua.

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

Ini terlihat saat Pejabat Karantina Pertanian Timika melalui wilayah kerja Bandara Mozes Kilangin melakukan pemeriksaan pada 30 puluhan reptil yang akan dikirim keluar daerah, Selasa (15/8) lalu.

Jenis reptil yang diperiksa diantaranya 10 ekor ular sanca bibir putih, 10 ekor ular sanca permata, 5 ekor ular boiga coklat, 5 ekor ular koral irian, 3 ekor kenwa (labi-labi Papua), 2 ekor kura-kura dada merah, dan 5 ekor kadal lidah biru.

Paramedik Karantina Hewan, Riska Restika Nori, mengatakan puluhan hewan reptil yang diperiksa dinyatakan sehat, bebas Hama Penyakit Hewan Karantina (HPHK) dan layak dilalulintaskan.

“Selain pemeriksaan kesehatan hewan, dilakukan juga pengecekan kelengkapan dokumen yang dipersyaratkan, seperti SATS-DN yang dikeluarkan oleh BKSDA,” ungkapnya.

Setelah dinyatakan sehat, puluhan hewan reptil tersebut siap diterbangkan menuju Bekasi, Jawa Barat. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *