BERITA UTAMAMIMIKA

Jelang Kunjungan Menteri Pertanian, Karantina Timika Ikut Ciptakan Penguatan Ketahanan Pangan di Mimika

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
19
×

Jelang Kunjungan Menteri Pertanian, Karantina Timika Ikut Ciptakan Penguatan Ketahanan Pangan di Mimika

Share this article
IMG 20230826 WA0004
Kepala Kantor Karantina Pertanian Timika, Ferdi (kanan) saat menanam bibit umbi-umbian sebagai bagian upaya menciptakan ketahanan pangan di Mimika.Foto: Istimewa

Timika, fajarpapua.com – Sebagai upaya mengantisipasi krisis pangan, Karantina Pertanian Timika turut serta dalam persiapan penanaman ratusan bibit ubi jalar dan keladi yang diselenggarakan oleh Ditjen Tanaman Pangan-Kementan RI dan Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Mimika di Kantor Balai Benih Umum (BBU) PTP Kabupaten Mimika.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari persiapan kunjungan Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo ke Timika yang direncanakan pada awal September 2023 mendatang.

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

Kunjungan itu sendiri dilakukan dalam rangka memberikan bantuan ratusan bibit tanaman pangan dan bahan pangan hasil pertanian kepada warga Mimika dan Kabupaten Puncak, Papua Tengah.

Kepala Karantina Pertanian Timika, Ferdi, menjelaskan Menteri Pertanian memberikan atensi khusus kepada warga Puncak dan Mimika dalam hal ketersediaan pangan menghadapi cuaca ekstrem di Papua Tengah.

Bantuan yang akan diberikan berupa bibit dan umbi tanaman keladi serta ubi jalar. Selain itu, ada juga bantuan lain berupa beras, pupuk dan pestisida.

“Komoditas yang ditanam dalam kegiatan ini adalah bibit ubi jalar dan talas sebanyak 9.500 bibit. Bibit tanaman rencananya akan diberikan kepada petani di Kabupaten Mimika sementara bahan pangan hasil pertanian seperti ubi jalar, talas, beras,pupuk dan pestisida akan diberikan kepada masyarakat di Kabupaten Puncak”, ujar Ferdi. (mas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *