BERITA UTAMAMIMIKA

Dua Ekor Gecko, Reptil Eksotis Diterbangkan ke Makassar, Karantina Pertanian Timika Nyatakan Bebas HPHK

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
1706
×

Dua Ekor Gecko, Reptil Eksotis Diterbangkan ke Makassar, Karantina Pertanian Timika Nyatakan Bebas HPHK

Share this article
IMG 20231217 WA0031
Ketua Tim Karantina Hewan drh Ardhiana Nur Suryani, memperlihatkan dua ekor hewan Gecko

Timika, fajarpapua.com- Kantor Karantina Pertanian Timika di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah memeriksa dua hewan jenis reptil yang akan dibawa ke Makassar, Sulawesi Selatan.

Ketua Tim Karantina Hewan drh Ardhiana Nur Suryani, mengatakan pihaknya memeriksa dua ekor hewan Gecko atau Eublepharis SP pada Jumat (15/12) lalu. 

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

“Gecko ini merupakan hewan imut yang masih sekeluarga dengan tokek, karena warna yang beragam membuat masyarakat suka untuk memeliharanya,” katanya.

Menurut drh Ardhiana, gecko ini memiliki corak warna yang beragam serta tergolong hewan yang jinak, tidak agresif, lembut dan lentur.

“Seperti biasa sebelum membawa hewan keluar atau masuk Timika wajib menjalani pemeriksaan oleh Kantor Karantina Pertanian guna memastikan kesehatannya,” ujarnya.

Dia menjelaskan pemeriksaan oleh Kantor Karantina Pertanian Timika juga untuk memastikan kelengkapan dokumen penyerta sebelum dibawa keluar daerah.

“Kita melakukan pemeriksaan fisik yang meliputi kesehatan umum dan dokumen yakni Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH),” katanya lagi.

Dia menambahkan pihaknya juga memeriksa dokumen Surat Angkutan Tumbuhan dan Satwa Luar Dalam Negeri (SATS-DN) dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kabupaten Mimika. 

“Berdasarkan hasil pemeriksaan hewan tersebut dalam keadaan sehat, tidak tertular dan bebas gejala Hama Penyakit Hewan Karantina (HPHK) sehingga layak untuk dibawa ke Makassar sebagai daerah tujuan,” ujarnya. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *