BERITA UTAMAMIMIKA

Manfaatkan Mata Air Alami, Dinas PUPR Mimika Penuhi Kebutuhan Air Bersih di Potowayburu

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
145
×

Manfaatkan Mata Air Alami, Dinas PUPR Mimika Penuhi Kebutuhan Air Bersih di Potowayburu

Share this article
IMG 20240225 WA0025
Kepala Dinas PUPR Mimika Robert Mayaut.

ads

Timika, fajarpapua.com – Untuk memenuhi kebutuhan air bersih di Kampung Potowayburu, Distrik Mimika Barat Jauh, Pemda Mimika melalui Dinas PUPR memanfaatkan mata air alami yang ada di hutan.

Kepala Dinas PUPR Mimika Robert Mayaut Jumat (23/2) mengatakan, air sudah mengair selama 24 jam penuh tanpa menggunakan bantuan listrik dengan memfaatkan gravitasi atau mengalirkan air dari tempat tinggi ke lokasi yang lebih rendah dan tinggal melakukan sambungan ke rumah-rumah.

“Kami ambil air dari kepala air yang mata airnya di dalam hutan sana di atas gunung, kita bawa turun ke bawah, rencana saya akan ke sana untuk melihat,”katanya.

Sementara terkait ketersediaan air bersih diwilayah pesisir lainnya pihaknya akan bekerjasama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) untuk menerapkan teknologi merubah air payau (asin) menjadi air tawar.

” Kita kerjasama dengan BRIN untuk tekonologi merubah air payau menjadi air minum,”ungkapnya.

Menurutnya ada empat kampung yang akan diujicobakan dengan teknologi merubah air payau menjadi air minum.

” Kokonao, Atuka,Uta dan Amar. Nanti kita bikin dua, air untuk minum sendiri, air MCK sendiri.Kalau menghasilkan air minum itu biayanya lebih besar,”ujarnya.(ron)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *