PTFI dan UNIPA Manfaatkan Lahan Tailing, Hasilkan Variasi Pangan Berkualitas Aman Dikonsumsi 

by -
Tailing Freeport
Monitoring pertumbuhan tanaman pangan secara berkala oleh tim environmental PTFI.

Timika,fajarpapua.com
PT Freeport Indonesia (PTFI) bersama Fakultas Pertanian Universitas Papua (Faperta UNIPA) telah melaksanakan rangkaian penelitian terkait pemanfaatan lahan tailing PTFI di Mimika sebagai lahan produktif bagi tanaman pangan.

Hasil penelitian bersama menunjukkan lahan tailing PTFI dapat dimanfaatkan sebagai lahan tumbuh yang aman bagi berbagai jenis tanaman pangan. Didukung dengan pemupukan dan pemberantasan hama secara alami, tanaman yang tumbuh pun memiliki kualitas teruji dan aman dikonsumsi, sehingga dapat meningkatkan kemandirian pangan Mimika.
 
“Melalui rangkaian penelitian dan pengujian restorasi lahan tailing, kami telah mampu menanam lebih dari 140 jenis tumbuhan di lebih dari 1.000 hektar lahan tailing yang direklamasi. Hasil uji coba yang kami lakukan menyatakan bahwa beberapa jenis tanaman pertanian dan perkebunan dapat dibudidayakan di lahan tailing PTFI, bahkan beberapa tanaman buah-buah seperti nenas, melon, buah naga dan mangga, mampu menghasilkan buah dengan rasa yang lebih manis dibandingkan buah sejenis yang tumbuh di media tanam lain” ujar Pratita Puradyatmika, Pengawas Umum Reklamasi Daratan Tinggi PT Freeport Indonesia, Kamis (1/10).
 
Selain itu, hasil pengujian laboratorium yang dilakukan PTFI dan UNIPA menyatakan bahwa tanaman sayur dan buah yang tumbuh di lahan tailing PTFI memiliki kadar logam tembaga (Cu),seng (Zn), Timbal (Pb), Arsen (As) dan Air raksa (Hg) yang jauh lebih rendah dari ambang batas aman makanan yang ditetapkan pemerintah dalam SK Dirjen POM No. 03725/B/SK/VII/89.

“Kami memastikan bahwa tanaman buah dan sayuran yang tumbuh subur di lahan tailing PTFI aman dan layak untuk dikonsumsi oleh masyarakat. Kami berharap agar pengelolaan lahan tailing PTFI terus diteliti lebih lanjut sehingga dapat dimanfaatkan sebagai alternatif lahan produktif akan mampu memperkuat kemandirian pangan Mimika,” tambah Pratita.

INFO IKLAN 0812-3406-8145 banner 300250