Cara Mencegah Penyakit Panu

by -
Penyakit panu

Perubahan warna bagian tertentu pada kulit baik itu menjadi lebih terang ataupun menjadi lebih gelap dibandingkan kulit sekitarnya di iringi rasa gatal sebaiknya jangan diabaikan, tanda ini bisa jadi merupakan tanda atau gejala penyakit panu.

Penyakit panu merupakan gangguan kesehatan pada jaringan permukaan kulit yang diakibatkan oleh adanya jamur.

Masyarakat yang tinggal di wilayah dengan iklim Sub-Tropis lebih rentan menderita penyakit panu, sebab produksi kelenjar keringat yang berlebihan dapat meningkatkan resiko munculnya penyakit panu.

banner 300250

Cara Mencegah Penyakit Panu

  • Jaga kebersihan tubuh dengan selalu melakukan mandi atau membersihkan tubuh setelah beraktifitas terutama setelah mengeluarkan keringat yang berlebihan.
  • Jangan menggunakan pakaian yang ketat.
  • Pergunakan pakaian yang terbuat dari bahan yang mudah menyerap keringat dan nyaman di tubuh.
  • Hindari terkena sinar matahari secara langsung dalam waktu yang lama
  • Batasi penggunaan produk kulit yang bisa meningkatkan produksi minyak pada kulit secara berlebihan.
  • Selalu pergunakan tabir surya untuk mencegah kulit terkena sinar matahari secara langsung

Perubahan warna kulit yang tidak meratakan adalah gejala yang umum dimiliki oleh penyakit panu, pada bagian tubuh tertentu biasanya lebih sering terkena panu seperti pada bagian lengan, dada, leher dan punggung.

Tidak jarang gejala yang timbul adalah dengan di iringi rasa gatal dan pada bagian yang terkena panu akan lebih terasa kering dan bersisik.

Pengobatan sederhana yang bisa dilakukan untuk mengatasi penyakit panu salah satunya adalah penggunaan Krim atau Salep Anti Jamur namun sebaiknya digunakan setelah anda mencuci atau membersihkan serta mengeringkan area yang terkena penyakit panu sebelum di olesi dengan Krim atau Salep anti jamur tersebut.

Penggunaan salep atau krim tersebut sebaiknya rutin dilakukan setidaknya selama 2 – 3 kali dalam sehari, apabila tidak terdapat tanda – tanda perubahan sebaiknya segera mengkonsultasikan dengan dokter atau segera memeriksanya di Rumah sakit atau puskesmas terdekat.

Penyakit panu sifatnya juga menular, jadi ada baiknya bagi anda untuk tetap menjaga privasi penggunaan pakaian untuk tidak digunakan bersamaan atau penggunaan handuk dengan orang lain maupun anggota keluarga lainnya.

Perlu diketahui meskipun tidak terlalu dominan menjadi penyebab penyakit panu, faktor keluarga juga bisa mengakibatkan munculnya penyakit panu, misal orang tua yang pernah terkena panu maka anaknya akan lebih rentan untuk terserang panu.

Menjaga pola makan mungkin dirasa tidak terkait dengan terkena nya penyakit panu, namun bagi mereka yang suka menikmati makanan yang mengandung gluten seperti telur, soda dan kripik kentang juga perlu sedikit mengurangi mengkonsumsinya.

Makanan yang mengandung asam seperti lemon juga mampu meningkatkan kadar keasaman didalam perut yang akan memperburuk kondisi panu dan lebih sulit dihilangkan.

Tetap selalu jaga kesehatan dan menjaga pola makan, adalah kunci utama untuk terhindar dari penyakit panu. Tetap Sehat !!

INFO IKLAN 0812-3406-8145 A valid URL was not provided.