BERITA UTAMAMIMIKA

Geliat Ekonomi Pesisir, Pusat Grosir di Otakwa Mimika Secara Resmi Beroperasi

pngtree vector tick icon png image 1025736
3
×

Geliat Ekonomi Pesisir, Pusat Grosir di Otakwa Mimika Secara Resmi Beroperasi

Share this article
Otakwa
Petugas Koperasi Maria Bintang Laut melakukan penghitungan data barang-barang yang dijual di pusat grosir dan kios.


 
Timika, fajarpapua.com – PT Freeport Indonesia (PTFI) bekerja sama dengan Koperasi Maria Bintang Laut (KMBL) secara resmi membuka pusat grosir dan kios di Kampung Otakwa dan Manasari, yang berada di Distrik Mimika Timur Jauh, pada Jumat (13/11). Gebrakan itu sebagai upaya memudahkan masyarakat di Kampung Otakwa dan Manasari dalam memenuhi kebutuhan ekonomi dan barang-barang,
 
Melalui program pengembangan ekonomi yang bermitra dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika dan Keuskupan Timika, pembukaan pusat grosir dan kios ini untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat di wilayah Mimika Timur Jauh yang mayoritas masyarakat suku Kamoro. Sekaligus sebagai realisasi program pengembangan ekonomi oleh PTFI dalam upaya mengembangkan ekonomi masyarakat.
 
“Tentu kami dari perusahaan berharap hal ini bisa berjalan baik, kebutuhan bahan pokok masyarakat dapat terpenuhi, beberapa kebutuhan lain seperti BBM (Bahan Bakar Minyak) untuk perahu boat, juga bisa didapatkan disini, karena selain kios juga ada Pom Mini untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar untuk masyarakat.” jelas Soni Zonggonao, Superintendent Community Economic Development, mewakili Manajemen PTFI yang hadir dalam kegiatan peresmian pusat grosir di Manasri dan Otakwa.
 
Pembangunan pusat grosir dan kios di dua kampung di wilayah Mimika Timur Jauh sengaja dipilih untuk memudahkan masyarakat di wilayah pesisir dalam memenuhi kebutuhan ekonomi tanpa perlu pergi jauh ke kota Timika  yang menghabiskan banyak waktu dan biaya juga untuk menghindari resiko di perjalanan.

Pembanguanan pusat grosir di kampung ini juga sebagai bagian dari komitment PTFI dalam rangka  mendukung program pemerintah untuk menjadikan Otakwa sebagai pusat ekonomi di wilayah Timur yang manfaatnya akan melayani masyarakat dari distrik Agimuga, distrik Jila, dan kampung kampung di sekitar distrik Mimika Timur Jauh.
Pusat gorsir dan kios ini menjual barang-barang keperluan sembako, sarana nelayan (jaring, cooler box, motor tempel, ketinting) material bangunan, benda rohani, es batu, alat alat sekolah, pakaian, hingga bahan bakar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *