Pemilihan 50 Distrik di Yahukimo Pakai Sistem Noken, Kapolda Papua Beri Keterangan

by -
Kapolda Papua Irjen Pol Drs Paulus Waterpauw menumpangi pesawat Asian One Air memantau pelaksanaan Pilkada di Asmat dan Yahukimo.

Timika, fajarpapua.com – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw memantau langsung penyelenggaraan pemungutan suara Pilkada Serentak 2020 pada dua kabupaten di Provinsi Papua, yaitu Kabupaten Yahukimo dan Kabupaten Asmat, Rabu.

Saat ditemui di Bandara Mozes Kilangin Timika usai tiba dari Yahukimo dan Asmat, Rabu, Irjen Paulus Waterpauw mengatakan sebagian logistik berupa kotak suara, surat suara, dan dokumen administrasi pemilu lainnya untuk beberapa distrik (kecamatan) di Yahukimo belum tersalurkan karena terkendala cuaca dan sarana transportasi.

“Semalam saya melakukan zoom meeting dengan para kapolres. Dilaporkan bahwa dari 51 distrik di Yahukimo, baru 21 distrik yang sudah terkirim logistik pemilunya. Tadi pagi waktu saya datang mengecek di Bandara Dekai Yahukimo, logistik yang sudah terkirim sampai 35 distrik, sementara lima distrik lainnya sore ini diupayakan untuk didorong jika kondisi cuaca memungkinkan,” ujar Irjen Paulus.

banner 300250

Usai meninjau droping logistik pemilu di Bandara Dekai, Kapolda Papua didampingi Sekda Yahukimo bersama Ketua KPU dan Ketua Bawaslu Yahukimo sempat meninjau aktivitas pemungutan suara di beberapa TPS di Dekai, ibu kota Kabupaten Yahukimo.

BACA JUGA:  Polda Papua Dalami Dugaan Dana Desa Digunakan KKB di Yahukimo

Sesuai keputusan KPU, dari 51 distrik di Kabupaten Yahukimo, hanya satu distrik yaitu Dekai yang menggelar pemungutan suara secara langsung, sementara 50 distrik lainnya menggunakan sistem pemilihan noken.

“Penggunaan sistem noken ini tentu di satu sisi menguntungkan penyelenggara dan tentu aparat yang melakukan pengamanan pemilu, karena sudah ada kesepakatan-kesepakatan di antara warga setempat soal calon mana yang mereka dukung. Kalau di Distrik Dekai sendiri, kami melihat sendiri masyarakat cukup serius untuk menyalurkan hak suara mereka melalui sejumlah TPS yang ada,” ujar Irjen Paulus.

INFO IKLAN 0812-3406-8145 A valid URL was not provided.