Ketua PWI : Visi Pers Dimasa Sulit Akibat Covid-19

by -

Jakarta, fajarpapua.com – Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat Atal Sembiring Depari mengumumkan sejumlah agenda yang akan dilaksanakan pada acara puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2021.

Agenda pertama adalah konvensi media massa, yang akan membahas mengenai visi pers di masa sulit akibat pandemi COVID-19 serta bagaimana tantangan dan solusinya. Termasuk juga bagaimana pers yang berada di lingkungan berita seputar papua Timika (semua lembaga pers di Timika) untuk bertahan hidup ditengah pandemi covid 19.

“Sebenarnya puncak acara ada namanya konvensi media massa. Itu pasti. Kita akan membahas masalah media di konvensi nanti,” kata Atal saat menjadi pembicara tentang Hari Pers Nasional yang disiarkan di TVRI, Jakarta, Rabu (20/1) malam.

Penanggung jawab HPN 2021 itu mengatakan untuk meramaikan Konvensi Media Massa, Panitia HPN 2021 juga akan menyelenggarakan berbagai seminar tentang pers yang saat ini masih berjalan dan bisa diikuti masyarakat secara daring.

“Kalau seminar-seminar terus, banyak sekali seminar berjalan sampai hari H nanti (puncak HPN 2021) tanggal 9 Februari,” kata Atal.

Agenda kedua yakni penyerahan penghargaan Anugerah Kebudayaan kepada pemerintah kabupaten dan kota yang berperan aktif melestarikan budaya di daerah masing-masing.

Atal mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo menganggap budaya sebagai DNA bangsa Indonesia. Karena itu, menurut dia, Panitia HPN ingin melihat bagaimana praktik-praktik budaya yang membangun bangsa Indonesia itu.

Selama tiga kali penyelenggaraan Anugerah Kebudayaan itu, kata Atal, ternyata respons dari pemerintah daerah luar biasa.

“Itu sudah tiga kali kami adakan, respons dari daerah luar biasa,” kata dia.

INFO IKLAN 0812-3406-8145