Lapak Pedagang Ikan dan Sayur Pasar Minggu SP1 Kuasai Badan Jalan, Kendaraan Ekstra Hati-hati Saat Melintas

by -
suasana Pasar SP1 yang sudah memakan badan jalan
suasana Pasar SP1 yang sudah memakan badan jalan

Timika,fajarpapua.com – Setiap pekan, keberadaan pedagang khususnya lapak pedagang ikan dan sayuran yang berjualan di Pasar Minggu, Kampung Kamoro Jaya SP 1 selalu menimbulkan kemacetan.

Kemacetan ini terjadi karena para pedagang menempatkan meja jualannya diluar area pasar bahkan saat ini telah memakan badan jalan.

Akibatnya, Jalan Timika Mapuruja terutama yang berada didepan KCP Bank Papua terutama arah Mapurujaya ke Timika mengalami penyempitan. Hal ini diperparah dengan kurangnya kesadaran warga dalam memarkir kendaraannya yang juga mengambil area bahu jalan.

Hal ini seperti yang disaksikan fajarpapua.com, Minggu (21/2), terlihat puluhan pakan sayur dan ikan menggunakan badan sehingga mengganggu arus lalu lintas yang padat di hari Minggu.

a16cb367 6844 49fa b42c e20ebdf66428
suasana pasar yang sudah memakan badan jalan

“Menurut saya, pedagang sebenarnya harus memahami bahwa awalnya peruntukan pasar pagi ini untuk berjualan di area pasar,” ujar pedagang jajanan.

Namun seiring waktu, area pasar yang memang tidak terlalu besar tersebut tidak mampu menampung jumlah pedagang yang terus bertambah. Akibatnya, ada yang nekat buka lapak di jalan raya, padahal sudah digunakan untuk parkir kendaraan juga.

Para pedagang kecil lainnya adalah adanya penataan yang sesuai dengan peraturan untuk pasar minggu dan tidak merugikan para pedagang yang sebenarnya mengawali berdagang di area tersebut. (mas)