Chat WhatsApp Bisa Dipulihkan Melalui Google Drive

by -
ternyata chat WhatsApp bisa dipulihkan
chat WhatsApp bisa dipulihkan / creativecommons Santeri Viinamäki

Bogor, Fajarpapua.com – Bagi pengguna WhatsApp pasti pernah berpikir andai chat WhatsApp bisa dipulihkan ketika ganti perangkat atau mungkin setelah perangkat di perbaiki. Ternyata hal itu bukan hal yang mustahil, fitur pemulihan ini ternyata sudah lama sekali ada namun jarang di manfaatkan.

Benarkah Chat WhatsApp Bisa Dipulihkan?

Dengan banyaknya pertanyaan yang masuk ke tim Fajarpapua.com perihal pemulihan chat WhatsApp ini, membuat tim Fajarpapua berkeinginan untuk membahasnya melalui rubrik tekno kali ini.

Untuk diketahui, chat WhatsApp bisa dipulihkan ini sudah ada cukup lama, namun karena jarang ada yang mengetahuinya jadi terkadang fitur penting ini terlewatkan. Agar fitur ini dapat bekerja dengan baik maka opsi pemulihan ini harus di konfigurasi. Berikut ini langkah-langkah untuk mengkonfigurasi fitur ini:

  1. Pada aplikasi WhatsApp, silahkan pilih titik 3 yang ada di pojok kanan atas layar android.
  2. Masuk ke pilihan Setting (bahasa dasar yang digunakan English). Kemudian silahkan pilih “Chat”.
  3. Setelah memilih Chat maka akan tampil layar yang terdapat beberapa pilihan, salah satunya adalah “chat backup”. Silahkan ketuk/pilih opsi tersebut.
  4. Selanjutnya silahkan pilih metode backup nya jangan lupa pada pilihan dibawahnya untuk diaktifkan backup padaun Google Drive.
  5. Selanjutnya proses backup akan dilakukan oleh aplikasi WhatsApp sesuai dengan pilihan periode yang dipilih secara otomatis.

Fungsi ini dapat di panggil sewaktu-waktu apabila pengguna WhatsApp hendak berpindah perangkat atau memerlukan setelah instal ulang aplikasi WhatsApp.

Selanjutnya chat WhatsApp bisa dipulihkan pada saat registrasi nomer WhatsApp kembali, dengan memilih pilihan untuk “memulihkan” setelah dilakukan konfirmasi nomer Telephone.

Tentunya cara ini akan berhasil apabila akun Google yang digunakan untuk backup tersebut telah di daftarkan atau di masukan ke dalam akun Google di perangkat tersebut.

Cara ini atau fungsi fitur Chat WhatsApp bisa dipulihkan ini juga bisa berguna apabila sewaktu-waktu secara tidak sengaja terhapus pesan penting. Cara mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus tersebut juga bisa dilakukan dengan cara yang sama, yaitu copot aplikasi WhatsApp kemudian instal kembali aplikasi WhatsApp dan daftarkan nomer Telephone yang digunakan.

Tapi ingat, pesan yang dikembalikan adalah pesan yang tersimpan terakhir saat proses backup secara berkala terjadi (misal: Daily, weekly). Yang bisa dikembalikan tidak hanya tulisan saja melainkan kontak, gambar dan video.

Akan tetapi apabila secara tidak sengaja keluar dari grup WhatsApp, maka fitur ini tidak akan bekerja untuk mengembalikan anda ke dalam group tersebut.

Tentunya masih banyak lagi fitur WhatsApp yang perlu diketahui selain fitur chat WhatsApp bisa dipulihkan ini yang perlu diketahui karena peranannya yang akan berguna dikemudian hari.

INFO IKLAN 0812-3406-8145 banner 300250