BERITA UTAMAMIMIKA

Gambaran Singkat Rangkaian Pekan Suci Paskah Bagi Umat Kristiani

pngtree vector tick icon png image 1025736
16
×

Gambaran Singkat Rangkaian Pekan Suci Paskah Bagi Umat Kristiani

Share this article
20210402 065717
Drama penyaliban Yesus

#Minggu Palma
Rangkaian pekan suci Paskah berikutnya adalah Minggu Palma. Satu minggu sebelum rangkaian pekan suci berjalan, umat Katolik sebelumnya mengadakan misa Minggu Palma, misa menyambut datangnya Yesus ke Yerusalem.

Masa Minggu Palma menandakan pekan akhir masa puasa dan pantang 40 hari sekaligus penanda masuknya Pekan Tri Hari Suci Kristen khususnya Katolik.

ads

Beberapa hari sebelum misa Minggu Palma dimulai, gereja akan meminta jemaatnya mengumpulkan palem untuk digunakan umat saat misa nanti. Palma tersebut nantinya akan diberkati dengan percikan air suci dan diletakkan di belakang salib di rumah.

#Kamis Putih
Pekan Suci Paskah Kamis Putih merupakan tradisi mengenang dan merenungkan malam Perjamuan Terakhir Yesus Kristus. Dalam perjamuan ini Yesus mengenalkan tata cara peribadatan Ekaristi yang akan menjadi peribadatan wajib umat Katolik.

Misa Kamis Putih memiliki penanda berupa upacara pembasuhan kaki. Upacara pembasuhan kaki dilakukan oleh room, uskup, bahkan paus kepada para umat terpilih dalam lingkungan gereja.

Pembasuhan kaki menggambarkan makna kerendahan hati seorang pemimpin melayani umat-Nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *