Pasar Ramadhan di Parako, Arus Lalu Lintas di Jalan Raya Padat dan Agak Tersendat

by -
IMG 20210413 WA0041
Arus lalu lintas di Jalan Parako

Merauke, fajarpapua.com – Aktivitas berbelanja masyarakat kota Merauke di bulan suci Ramadhan 1442H, mulai mengalami peningkatan. Menjelang berbuka puasa, masyarakat berbondong-bodong ke pasar ‘dadakan’ Ramadhan di sepanjang Jalan Parakomando Merauke yang menjual jajanan takjil berbuka puasa.

Pantauan fajarpapua.com di pertigaan antara Jalan Parakomando-Jalan Pendidikan Merauke, Selasa (13/4), lalu lintas tampak padat dan sedikit tersedat dengan adanya kerumunan massa dalam aktivitas jual beli di pasar Ramadhan dadakan di hari pertama puasa umat Muslim ini. Pengendara terpaksa harus ekstra hati-hati jika melintas di Jalan Parako itu. Mengingat, tumpah-ruah kerumunan penjual dan pembeli di pinggir jalan.

Salah satu penjunjung pasar Ramadhan, Sudirman (31) baru pertama kali takjil untuk berbuka puasa di pasar Ramadhan Jalan Parako itu. Sebelumnya, dia biasa membeli panganan berbuka puasa itu pada pasar Ramadhan di halaman Masjid Raya Al Aqsa Merauke.

“Nah, ini baru pertama saya beli di sini. Biasanya ramai di dalam sana, di halaman masjid. Mungkin karena di dalam sana mereka tidak dibolehkan berjualan karena Covid atau apa lah, makanya numpuk di sepanjang jalan ini. Iya sih, memang lalu lintas agak macet dikit seperti Pak lihat sendiri di sini ini,” tutur Sudirman kepada media ini.

Hal senada juga diakui rekannya, Hermansyah yang juga mengatakan, aktivitas keramaian pasar Ramadhan kembali padat tahun 2021, setelah tahun 2020 lalu hampir tidak ada aktivitas pasar Ramadhan, lantaran pandemi Covid-19. Bahkan tahun lalu, masyarakat dilarang berkerumun. Apalagi saat berbuka puasa dan ibadah Shalat Tarawih.