Peduli Kaum Dhuafa, PHBI Merauke ‘Berbagi’ di Awal Bulan Ramadhan 1442 H

by -
PHBI Merauke Berbagi dengan Kaum Dhuafa
PHBI Merauke Berbagi dengan Kaum Dhuafa

Merauke, fajarpapua.com – Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Merauke ‘berbagi kasih’ dengan kaum dhuafa (fakir miskin) di bulan suci Ramadhan 1442 Hijriah/2021 Masehi yang dilaksanakan di Masjid Raya Al-Aqsa, Merauke, Rabu (14/4).

Kegiatan ‘berbagi kasih’ ini dilakukan dengan langsung menyerahkan paket sembako kepada masyarakat kecil sebagai wujud peduli kasih dengan sesama umat Muslim.

Ketua PHBI Kabupaten Merauke, Baharuddin Lahati, S.Pd, M.Pd kepada wartawan mengatakan, di bulan suci Ramadhan PHBI bersama umat Muslim yang mengawali puasa sedikit berbuat untuk membantu kepada saudara-saudara kaum dhuafa, umat Islam guna meringankan beban ekonomi di tengah pandemi Covid-19.

“Di awal bulan suci Ramadhan ini, kita mencari amal dan ridho Allah, SWT dengan menjalin kasih dengan kaum kecil yang membutuhkan bantuan ekonomi di tengah wabah virus korona yang belum berakhir,” ujar Baharuddin Lahati usai kegiatan berbagi itu.

Bantuan ini, kata Baharuddin, berasal dari sumbangan sukarela umat Muslim yang berhasil didata oleh PHBI Merauke dengan jumlah yang bervariasi sesuai kemampuan. Bantuan yang dihimpun dari umat Muslim berupa uang hingga saat ini kurang lebih sebesar Rp 68 juta dan sudah dibelanjakan dalam bentuk sembako sebanyak 535 paket. Selain itu juga ada bantuan langsung dari umat berupa sembako kurang lebih sebanyak 105 paket.

“Insyallah, sasaran target kita untuk tahun ini kita bisa memberikan bantuan kepada umat yang kurang mampu (kaum duafa) kurang lebih bisa mencapai 700 paket. Dan bagi umat Muslim yang masih ingin ‘berbagi’ dipersilahkan, PHBI bisa memfasilitasi dan mengorganisir kegiatan ini.

“Alhamdulillah, antusias dari kaum Muslimin dan Muslimat di Kota Merauke cukup bagus untuk kegiatan ini. Dalam waktu satu minggu ini semua sembako sudah kita distribusikan dengan cara kita langsung mengantarkan ke titik-titik yang kita data yakni fakir miskin (dhuafa). Kita menghindari kerumunan umat, sehingga mereka tidak langsung mengambil di sini, tapi kita hantar dari satu titik ke titik yang lain,” ucapnya.

Dalam pengadaan sembako, lanjutnya, PHBI bekerjasama dengan Bulog Merauke dengan pembelian per paket sebesar Rp 127.000 dengan kemasannya 5 kilogram beras, gula pasir, tepung, kopi, minyak goreng, supermi,  susu dan sarden.

“Donaturnya, kami membagi 100 persen dari umat. Ada yang pribadi, kelompok-kelompok pengajian, instansi- instansi, kelompok-kelompok persaudaraan Muslim dari masing-masing instansi; ada dari perbankan, beberapa SKPD, Satuan TNI Lanud Merauke, Inspektorat, Dinas PU, Pengadilan Agama, pengusaha Muslim seperti SPBU Parako dan jawatan yang belum bisa disebutkan satu persatu. Semua berpartisipasi dalam memberikan kontribusi guna membantu kaum dhuafa,” sebutnya.