Cara Mengatasi Sakit Kepala yang Kerap Dirasakan Ketika Bangun Tidur

by -
sakit kepala bangun tidur
sakit kepala bangun tidur

Orang dewasa yang aktif berkegiatan sehari-hari umumnya memiliki waktu istirahat lebih terbatas. Kurangnya waktu istirahat, adanya tekanan, dan kondisi tertentu menjadi faktor besar Anda mudah mengalami gangguan kesehatan.

Mulai dari tingkat ringan, hingga tingkat parah yang membutuhkan tindakan medis lebih lanjut. Gangguan kesehatan yang kerap dialami orang dewasa adalah sakit kepala ketika bangun tidur di pagi hari.

Kenali Faktor Penyebab Sakit Kepala saat Bangun Tidur

Selain migrain, sakit kepala ketika bangun tidur bisa disebabkan oleh berbagai kondisi yang berhubungan dengan aktivitas tidur malam Anda, di antaranya sebagai berikut.

Alami Insomnia

Anda yang sering alami insomnia atau kesulitan tidak sangat rentan merasakan sakit kepala setiap bangun di pagi hari. Apalagi ketika Anda harus tetap bangun lebih cepat seperti biasanya, meski dari segi durasi tidur termasuk sangat kurang. Insomnia pada tingkat ringan bisa diatasi dengan mengubah ritual sebelum tidur dan mengatur suasana kamar untuk membuat Anda lebih rileks.

Sleep Apnea

Sakit kepala saat bangun tidur pun bisa karena Anda mengalami sleep apnea atau gangguan pernapasan ketika tidur. Gangguan ini berupa berkurangnya kadar oksigen pada otak akibat sistem pernapasan yang terhalang atau terimpit. Gejala lain dari sleep apnea adalah mendengkur, sesak napas saat tidur, tubuh berkeringat, dan merasa sangat lelah saat bangun dari tidur.

Tidur Terlalu Lama

Tidur dalam durasi terlalu lama juga bisa memicu rasa sakit kepala ketika bangun. Usahakan tidur dalam durasi cukup, tidak kurang, dan tidak berlebihan. Bukan mengembalikan energi, terlalu lama tidur justru akan membuat tubuh Anda lebih lemas.

Gangguan Kecemasan dan Stress

Gangguan pada mental seperti gangguan kecemasan, alami stress, hingga depresi pun penyebab lain dari kondisi sakit kepala di pagi hari. Hal ini berhubungan juga dengan kestabilan emosi dan ketenangan batin penderitanya yang membuat aktivitas tidur tidak berkualitas baik.

Posisi Tidur yang Salah 

Penyebab lainnya dari sakit kepala ketika bangun tidur yaitu tidak sengaja tidur dengan posisi salah. Selain sakit kepala, gangguan kesehatan yang bisa Anda rasakan bila salah posisi tidur berupa nyeri di bagian tubuh tertentu, iritasi pada pergelangan, nyeri punggung dan leher, kram dan kesemutan, juga gangguan lainnya.

INFO IKLAN 0812-3406-8145 banner 300250