Deteksi Dini Penyakit Kronis Berbahaya, Kini Bisa Lewat Aplikasi Mobile JKN di Android

by -
Pemaparan Materi Mobile JKN oleh Itar Prihartono
Pemaparan Materi Mobile JKN oleh Itar Prihartono

Kebanyakan masyarakat baru sadar bahwa mereka mengidap penyakit tersebut ketika sudah mencapai fase lanjut. Oleh karena itu, dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mengelola risiko penyakit-penyakit tersebut, layanan skrining melalui Mobile JKN ini akan membantu mendeteksi lebih awal.


“Jangan sampai tunggu sakit dulu baru kita tahu, ternyata kita kena penyakit hipertensi, gagal jantung, diabetes, ginjal dan sebagainya. Jadi aplikasi ini dibuat semudah mungkin khusus bagi peserta BPJS Kesehatan untuk mendeteksi penyakit lebih awal,” ujar Itar kepada wartawan.


Menurutnya, aplikasi Mobile JKN sudah dibuat sejak tiga tahun yang lalu. Setiap tahun BPJS Kesehatan memberi penyegaran lagi kepada peserta dengan bantuan media untuk disosialisasikan kepada masyarakat agar memahaminya. Jika sebelumnya peserta JKN-KIS (Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat) hanya dapat melakukan skrining riwayat kesehatan secara manual di Kantor BPJS Kesehatan, sekarang peserta bisa melihat potensi risiko kesehatannya cukup dengan melakukan skrining yang bisa diakses via handphone.


Dia menyebutkan, peserta dapat mengunduh aplikasi ‘Mobile JKN’ di Geogle Play Store. Kemudian melakukan registrasi dengan mengisi data diri yang dibutuhkan. Setelah terdaftar dan mengklik tombol Log In, peserta dapat memilih Skrining Riwayat Kesehatan. Kemudian, peserta akan diminta mengisi pertanyaan-pertanyaan yang terdiri atas kebiasaan dan aktivitas sehari-hari, penyakit yang pernah diidap, riwayat penyakit dalam keluarga peserta dan pola makan peserta.

INFO IKLAN 0812-3406-8145
DEMO AGEN MINYAK TANAH, TUNTUT KEPASTIAN SURAT IJIN LINGKUNGAN
BACA JUGA:  Kasus Curanmor di Merauke Kian Menjadi-Jadi, Pemilik Sepeda Motor Diminta Waspada