BERITA UTAMA

Ternyata Ginjal Juga Bisa Ada Nanah

cropped cnthijau.png
18
×

Ternyata Ginjal Juga Bisa Ada Nanah

Share this article
abses ginjal
abses ginjal

Ternyata tidak hanya kulit yang bisa bernanah, ginjal juga bisa bernanah atau yang lazim dikenal dengan istilah abses ginjal.

Abses merupakan sebuah istilah yang diperuntukkan pada saat terdapat beberapa nanah yang berkumpul atau muncul pada bagian yang berdekatan pada anggota tubuh luar maupun dalam. Termasuk juga pada ginjal.

ads

Sulit Mendeteksi Abses Ginjal

Abses ginjal Atau abses yang terjadi di dalam rongga perut sangat jarang sekali diketemukan kasusnya. Hal ini dikarenakan gejala yang ditimbulkan oleh abses ginjal tidak terlalu jelas pada awal terjadinya. Gejala yang tidak terlalu jelas ini menjadikan kasus abses ginjal sangat sulit dideteksi dan dilakukan pengobatan di fase awal sehingga kerap terlambat.

Keterlambatan penangan abses ginjal ini sangat berbahaya dan fatal akibatnya, di samping itu terjadinya abses ginjal bisa juga mengakibatkan komplikasi yang tidak kalah berbahayanya seperti peritonotis atau infeksi yang dialami oleh peritoneum atau pembungkus organ perut.

Tindakan yang terlambat terhadap penderita abses ginjal juga dapat mengakibatkan meluasnya abses ginjal hingga mengakibatkan infeksi pada ringga dada.

Tanda Umum Pada Kasus Abses Ginjal

Gejala yang ditimbulkan akibat terjadinya Abses Ginjal sering sekali tidak begitu spesifik atau dengan kata lain, gejala Abses Ginjal hampir menyerupai sakit biasa pada umumnya. Seperti apa gejala atau indikasi yang timbul akibat terjadinya abses pada ginjal ini? Berikut ini beberapa gejala umum yang perlu diketahui terkait gejala abses ginjal:

  • Terasa nyeri atau sakit berlebihan pada bagian perut.
  • Penderita mengalami demam yang biasanya disertai dengan menggigil.
  • Berat badan menurun
  • Terjadi nyeri atau sakit saat buang air kecil
  • Air seni keruh atau bercampur darah.

Penyebab Umum Terjadinya Abses Ginjal

Terjadinya nanah pada ginjal atau abses ginjai ini berawal pada terjadinya Infeksi saluran kemih bagian bawah merupakan awal terjadinya abses ginjal pada penderitanya.

Potensi terkenanya abses ginjal sangat besar terutama pada pada penderita peradangan ginjal, Diabetes Mellitus, dan penyakit batu ginjal.

Proses Diagnosa Abses Ginjal

Gejala yang ditimbulkan oleh abses ginjal yang tidak begitu jelas atau menyerupai penyakit umum pada lainnya. Namun hal ini sudah di antisipasi oleh dokter, dengan tetap melakukan beberapa tes yang dilakukan kepada pasiennya apabila mengalami gejala abses ginjal meskipun gejala tersebut menyerupai penyakit biasa atau penyakit lainnya.

Pengobatan Abses Ginjal

Pemberian suntikan antibiotik pada abses ginjal masih cukup efektif apabila abses yang terjadi pada ginjal masih berukuran di bawah 3cm.

Sedangkan untuk kasus abses ginjal yang berukuran melebihi 3 cm tindakan lanjutan diperlukan bahkan hingga bila diperlukan untuk segera dioperasi.

Pencegahan

Untuk dapat menghindari terjadinya infeksi saluran kemih yang menjadi awal terjadinya abses ginjal, dapat melakukan cara seperti berikut ini:

  • Penuhi kebutuhan cairan tubuh (termasuk air putih).
  • Selalu buang air kecil setelah melakukan hubungan seksual.
  • Menjaga kebersihan Organ vital dan sekitarnya.
  • Tidak menahan buang air kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *