BERITA UTAMAGEBYAR PON PAPUAPAPUA

Presiden Jokowi Dijadwalkan Bakal Buka PON XX Papua di Stadion Lukas Enembe, Sentani

cropped cnthijau.png
4
×

Presiden Jokowi Dijadwalkan Bakal Buka PON XX Papua di Stadion Lukas Enembe, Sentani

Share this article
Gubernur Papua bersama Forkopimda
Gubernur Papua bersama Forkopimda

Merauke, fajarpapua.com – Presiden Republik Indonesia, Ir. H Joko Widodo dijadwalkan bakal membuka iven akbar olahraga nasional PON XX Papua dalam opening ceremony yang dilaksanakan di Stadion Lukas Enembe (Stadion Papua Bangkit), Sentani, Kabupaten Jayapura sekitar pukul 19.00 WIT, Sabtu 2 Oktober 2021.

Informasi ini sebagaimana dirilis Humas dan PPM PB PON Papua kepada fajarpapua.com. Dalam rilis disebutkan bahwa agenda kunjungan RI-1 itu, dibahas dalam Rapat Koordinasi Pimpinan Forkopimda Provinsi Papua yang dipimpin langsung oleh Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH di ruang Newangkawi Gedung Negara, Jayapura, Jumat (24/9).

Klik iklan untuk info lebih lanjut

Rapat koordinasi yang berlangsung satu jam lebih itu membahas sejumlah agenda penting yang berkaitan langsung dengan pelaksanaan PON XX Papua 2021 termasuk kunjungan orang nomor satu di republik ini dalam rangka pembukaan PON.

Hadir dalam rapat koordinasi Forkopimda Papua, antara lain Pangdam XVII/Cenderawasih, Kapolda Papua, Kabinda Papua, Ketua DPRP, Ketua Pengadilan Tinggi Papua, Kepala Kejaksaan Tinggi Papua, Danlantamal X Jayapura, Danlanud Silas Papare.

Dalam rapat tersebut Gubernur Enembe mengatakan kunjungan Presiden RI, Ir. Joko Widodo ke Jayapura dalam rangka pembukaan PON XX Papua 2021, yang mana sesuai dengan prosedur dan SOP kenegaraan nantinya ditangani keamanannya dari pihak TNI dan Polri.

“Jadi kedatangan Presiden ke Papua adalah hanya satu agenda yaitu membuka PON XX Papua 2021. Tidak ada agenda lainnya,” tegas Gubernur Enembe di hadapan usai memimpin rapat.

Rapat Gubernur dengan Forkopimda
Rapat Gubernur dengan Forkopimda

Selain itu, lanjut Gubernur bahwa menyangkut PON, Pemprov Papua bersama seluruh Forkopimda menyatakan bahwa pelaksanaan PON XX Papua 2021 aman dan akan terselenggara dengan baik.

Hanya saja, kata Gubernur, bahwa bagian kelistrikan (PLN) dan telekomunikasi (Telkomsel) akan diupayakan supaya tidak ada gangguan dan kerusakan selama pelaksanaan PON XX Papua.

“Saya sudah bicara dengan Menteri Kominfo RI bahwa mereka akan berupaya untuk membangun jaringan komunikasi dari luar. Artinya bukan jalur jaringan yang biasa digunakan Telkom tetapi ada jalur lain yang digunakan. Dan bukan jalur jaringan yang pernah gangguan akibat gempa itu,” terangnya.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Enembe mengajak seluruh masyarakat Papua lebih khusus masyarakat pemilik hak ulayat tanah yang digunakan untuk pembangunan venue bahwa Pemprov Papua bersama Forkopimda akan menyelesaikan semua persoalan hak ulayat tanah sehingga tidak ada masalah.

“Setelah PON dan Peparnas, Pemprov Papua akan menyelesaikan semua persoalan hak ulayat tanah untuk pembangunan venue. Bagian mana yang sudah diselesaikan dan bagian mana yang belum diselesaikan akan dicek kembali.

“Kami akan membayar kalau memang belum dibayar. Kami tidak akan membayar kalau ternyata memang sudah dibayarkan. Tidak boleh ada pembayaran dobel, itu melanggar hukum,” tambahnya.

Menyoal target juara di PON XX Papua, Gubernur Enembe tak bisa memungkirinya dan memang semua ingin juara namun untuk pelaksanaan PON ini hal yang paling utama adalah pelaksanaan bagaimana semua aman dan peserta juga aman maka akan sukses.

“Jadi mengenai masalah lain selama pelaksanaan PON lebih khusus mengenai penegakan hukum, maka aparat keamanan dalam hal ini TNI dan Polri, Kejaksaan, Pengadilan siap untuk menangani sehingga tidak ada masalah,” pungkasnya. (hrs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *