Tersisih dari Hingar Bingar PON Papua, Mama-mama dan Seniman Kamoro Gelar Karya Seni di Pinggir Jalan Kampung Mware

by -
Caption : Foto: Repro dari Akun Pakris Umbora Salahsatu seniman lapak yang digunakan oleh Seniman Kamoro untuk menggelar karya seninya di Kampung Mware.
Caption : Foto: Repro dari Akun Pakris Umbora Salahsatu seniman lapak yang digunakan oleh Seniman Kamoro untuk menggelar karya seninya di Kampung Mware.

Penulis : Mustofa
(Redaktur fajarpapua.com)

Fajarpapua.com – GELARAN PON XX Papua Tahun 2021 menjadi sejarah bagi Provinsi Papua dan tentunya bagi Rakyat Papua, karena menjadi salahsatu daerah di Indonesia yang mampu sebagai penyelenggara iven olahraga nasional empat tahunan tersebut.

Sehingga tak ayal, pemerintah daerah baik Provinsi Papua maupun kabupaten dan kota di empat klaster penyelenggaranya bekerja keras secara kolosal dalam mempersiapkan tetek bengek demi suksesnya Iven ini.

Kerja kolosal untuk menyukseskan PON XX Papua yang dilakukan, bukan hanya dari jumlah sumberdaya manusia yang terlibat didalamnya.

Tetapi juga jumlah sumber dana yang dianggarkan untuk Iven ini yang juga kolosal, karena nilainya sangat besar bahkan setara dengan 2 hingga 3 kaki nilai APBD rata-rata Kabupaten dan Kota di Provinsi Papua.

Dengan kerja dan sumber dana yang kolosal ini, sehingga sangat masuk akal jika pemerintah provinsi kemudian mencanangkan 4 sukses dalam penyelenggaraan PON XX Papua.

Bahkan dalam setiap kesempatan, Gubernur Papua yang juga Ketua PB PON XX Papua, Lukas Enembe menegaskan agar setiap pihak yang terlibat harus menjunjung tinggi sukses prestasi, sukses administrasi, sukses pemberdayaan ekonomi dan sukses pembangunan dalam gelaran iven olahraga nasional itu.

BACA JUGA:  Kapolda Papua Pimpin Syukuran Suksesnya Pengamanan PON XX

Dalam tulisan kali ini, kita kesampingkan terlebih dahulu 3 sukses lainnya dan kita akan membahas sukses pemberdayaan ekonomi.

Patut diakui, saat ini pegelaran PON XX Papua terutama di Klaster Mimika memiliki dampak ekonomi di masyarakat daerah ini secara umum.

Namun juga harus diakui juga bahwa, dampak tersebut tidak dirasakan secara merata karena “hanya” dirasakan oleh pelaku ekonomi yang berada di Kota Timika.

Sementara para pelaku ekonomi terutama ekonomi kreatif yang ada di luar bahkan yang berada di pinggiran Kota Timika nyaris tidak merasakan dampak ekonomi dari hingar bingarnya PON XX Papua.

Tidak dirasakannya dampak ekonomi oleh masyarakat pinggiran ini setidaknya tergambar dan tersirat dari unggahan pengguna Akun Facebook Pakris Umbora pada Minggu, 26 September 2021 kemarin.

INFO IKLAN 0812-3406-8145 A valid URL was not provided.