Gubernur Papua Janjikan Lebih Banyak Senyum daripada Tangis, Jokowi Sapa Dalam Bahasa Daerah

by -
Presiden Joko Widodo bersiap memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi PON Papua di Stadion Lukas Enembe, Kompleks Olahraga Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua, Sabtu (2/10/2021)
Presiden Joko Widodo bersiap memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi PON Papua di Stadion Lukas Enembe, Kompleks Olahraga Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua, Sabtu (2/10/2021)

Jayapura, fajarpapua.com – Gubernur Papua Lukas Enembe menjanjikan banyak senyum dan tawa dibandingkan tangis dan kecewa selama Pekan Olahraga Nasional (PON) XX berkangsung di Bumi Cenderawasih.

“Mungkin, kesempurnaan tidak dapat kami berikan sepenuhnya, untuk itu saya selaku Ketua Umum PB PON XX Papua meminta maaf apabila ada kekurangan dan ketidaknyamanan selama penyelenggaraan PON,” kata Lukas.

Namun Lukas dapat memastikan bahwa panitia penyelenggara akan berupaya semaksimal mungkin membuat banyak senyum dan tawa ketimbang tangis dan kecewa.

“Terima kasih kepada Sang Pencipta, Tuhan Yang Maha Esa, berkat kuasa dan kebaikannya membuat semua dapat melihat dan merasakan hari yang bersejarah ini,” kata dia.

Dia menjelaskan adalah kebanggaan bagi Provinsi Papua bisa melihat seluruh anak bangsa berkumpul dan bersatu di tempat ini.

“Saya ucapkan selamat datang kepada seluruh kontingen dan pihak-pihak pendukung lainnya,” kata dia lagi.

Dia menegaskan, tangannya terbuka lebar menyambut sahabat-sahabat semua dan hatinya juga diselimuti penuh oleh kasih untuk menemani setiap detik sahabat-sahabat Papua di tanah Papua.

“Saya berterimakasih kepada panitia penyelenggara di semua tingkatan yang telah melakukan pekerjaan luar biasa ini,” tutup dia.

Sementara itu, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyapa masyarakat menggunakan tiga ucapan khas Papua pada pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Stadion Lukas Enembe, Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, Sabtu.

BACA JUGA:  Walkot: Libur Maulid Nabi dipindah, ASN Pemkot Jayapura Tetap Bekerja

“Huwe foi, onomi rehmay, wa wa wa, salam olahraga,” kata Presiden Jokowi dalam sambutan pembukaannya di Stadion Lukas Enembe Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura.

Dari pantauan wartawan di lapangan, usai menyebutkan ketiga ucapan khas Papua tersebut, Presiden Jokowi disambut riuh senang dari penonton di tribun.

Pasalnya, ketiga ucapan khas Papua tersebut memang sering diucapkan oleh masyarakat yang tinggal di wilayah timur Indonesia.

Huwe foi dan onomi rehmay sendiri berasal dari bahasa Sentani yang bisa dimaknai ucapan selamat malam, selamat datang dan Tuhan Memberkati.

Sedangkan kalimat “wa wa wa” sendiri biasa digunakan untuk membuka atau menutup pembicaraan bagi masyarakat di wilayah pegunungan Papua.

Tokoh Pemuda Papua Otniel Deda kepada Antara di Jayapura, Sabtu, mengatakan dirinya mengapresiasi dan bangga atas sapaan dari Presiden Jokowi tersebut.

“Saya bangga bahwa Presiden Joko Widodo bisa menyapa dengan salah satu bahasa kami yakni Bahasa Sentani dari Kabupaten Jayapura,” katanya.

Dia menambahkan pihaknya berharap ke depan makin banyak orang yang bisa paham dan mengerti bahasa khas dari Papua.(ant)

INFO IKLAN 0812-3406-8145 A valid URL was not provided.