BERITA UTAMAPAPUA

Rusuh Yahukimo, 2 Orang Tewas, 16 Orang Dipanah, Polisi Tangkap 27 Warga Diduga Pelaku, Hotel Dibakar

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
8
×

Rusuh Yahukimo, 2 Orang Tewas, 16 Orang Dipanah, Polisi Tangkap 27 Warga Diduga Pelaku, Hotel Dibakar

Share this article
Massa membakar rumah warga dan fasilitas umum.
Massa membakar rumah warga dan fasilitas umum.

Timika, fajarpapua.com – Sejumlah fasilitas umum di Dekai Kabupaten Yahukimo dibakar masyarakat diduga suku Kimyal (massa Abok Busub mantan bupati Kabupaten Yahukimo) pada Minggu (3/10) sekira pukul 12.30 WIT.

Ads

Informasi yang diperoleh fajarpapua.com, Minggu malam menyebutkan pada hari minggu tanggal 3 Oktober 2021 sekitar pukul 12.10 WIT terjadi penyerangan terhadap masyarakat yang sedang melaksanakan ibadah di Gereja Gidi Dekai Kabupaten Yahukimo dan pembakaran fasilitas umum.

Massa tidak puas atas kematian Abok Busub mantan Bupati Yahukimo. Penyerangan menggunakan panah, parang dan alat tajam lainnya.

Adapun fasilitas umum yang dibakar massa yakni hotel Nuri, Kompleks Perumahan Bambu Dua, beberapa rumah di Jalan Gunung, dan ruko blok B.

Dalam kasus itu, dua orang meninggal dunia yakni Yaser Yahuli dan Mr X (belum diketahui identitasnya).

Sedangkan 16 korban yang terkena panah yakni Neti Sogolim (mengalami luka panah pada dada dan tangan sebelah kanan), Hengki Mohi (mengalami panah pada pinggang sebelah kanan), Amina Pahabol (mengalami luka panah pada kaki kanan).

Berikut, Darius Kobak (mengalami luka panah pada pinggang sebelah kiri), Kinami Kobak (mengalami luka panah pada punggung). Dekius Kobag (mengalami luka panah pada punggung kanan).

Selanjutnya Drs. Kosea Sogolim (mengalami luka panah pada punggung), Yusuf Molama (mengalami luka panah pada hidung tembus pipi), Alex Sogolim (mengalami luka pada kaki kiri),
Selina Sogolin (mengalami luka panah pada pinggang kanan).

Tius Balingga (mengalami luka panah pada bahu kanan), Pdt. Liget Kobak (mengalami luka panah pada paha kiri), Boi Sobolim (mengalami luka panah pada lengan kiri), Kenson Kobag (mengalami luka panah pada pinggang kiri), Efelin Pahabol (mengalami luka panah pada pinggang kanan), serta Netis Sogolim (menagalami luka panah pada perut kiri).

Polisi mengamankan 26 warga yang diduga terlibat dalam aksi itu yakni RW, DO, EB, EB, MM, WO, JK, AW, MW, NK, OY, FB, DK, CM, KB, AY,
Yl, DY, AB, DY, YW, BU, JU, PW, RW, SY dan JY. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *