BERITA UTAMAINTERNASIONAL

WHO Masih Memproses Vaksin Sputnik V Rusia

cropped cnthijau.png
6
×

WHO Masih Memproses Vaksin Sputnik V Rusia

Share this article
0a507ccPekerja lapangan menerima suntikan vaksin Sputnik V (Gam-COVID-Vac) untuk melawan virus corona (COVID-19) di sebuah pusat vaksinasi di Moskow, Rusia, Kamis (17/6/2021).b0e 68831250f8f4
Pekerja lapangan menerima suntikan vaksin Sputnik V (Gam-COVID-Vac) untuk melawan virus corona (COVID-19) di sebuah pusat vaksinasi di Moskow, Rusia, Kamis (17/6/2021).

Moskow, fajarpapua.com – World Health Oranization (WHO) mengatakan masih meninjau penggunaan darurat untuk vaksin COVID-19 Sputnik V buatan Rusia, menurut informasi terkini di situs WHO, Rabu (20/10).

“Seperti calon-calon vaksin lainnya, WHO masih memproses vaksin Sputnik V dari berbagai lokasi manufaktur dan akan memublikasikan keputusan mereka mengenai status EUL (Emergency use listing) begitu semua data tersedia dan evaluasi rampung,” tulis pernyataan WHO kepada Reuters via email. 

WHO mengaku sudah memulai kembali proses penilaian vaksin Rusia tersebut dan menunggu kelengkapan unit-unit data yang diajukan secara terpisah (rolling submission). 

Russian Direct Investment Fund (RDIF), yang memasarkan Sputnik V di luar negeri, mengatakan sekelompok pengawas WHO akan segera mengunjungi Rusia untuk “mengumpulkan semua tinjauan dan dokumen yang diperlukan tentang Sputnik V.”

Secara terpisah, kepala RDIF Kirill Dmitriev mengatakan kepada CNN bahwa ia berharap WHO dapat menyetujui vaksin Sputnik V dalam beberapa bulan lagi, kantor berita RIA melaporkan.

WHO mengatakan tinjauannya pada Juli, tentang bagaimana Rusia memproduksi vaksin Sputnik V, menemui sejumlah masalah terkait pengisian ampul di salah satu pabrik. Pihak perusahaan mengatakan bahwa sejak saat itu mereka telah mengatasi segala kekhawatiran WHO.

RDIF mendanai sistem pengujian, obat, dan vaksin COVID-19. Mereka juga mendukung vaksin Sputnik V yang dikembangkan Institut Gamaleya dan berinvestasi dalam pembuatan vaksin secara massal. (ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *