BERITA UTAMAMIMIKA

Peringati Hari HAM, PMKRI Timika Soroti Aksi Kekerasan di Pelosok Papua yang Jarang Terekspos

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
4
×

Peringati Hari HAM, PMKRI Timika Soroti Aksi Kekerasan di Pelosok Papua yang Jarang Terekspos

Share this article
Menolak segala bentuk kekerasan di Papua
Menolak segala bentuk kekerasan di Papua

Timika, fajarpapua.com – Sekretaris Jenderal PMKRI Cabang Timika Santa Theresia, Mersi Sundung, meminta semua pihak untuk ikut andil dalam menekan aksi kekerasan fisik baik secara vertikal maupun horisontal di Papua.

Berbicara kepada fajarpapua.com, Jumat (10/12), Mersi mengatakan, mengacu Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999, Hak Asasi Manusia merupakan hak dasar yang secara kodrati melekat pada diri manusia.

ads

HAM bersifat universal dan langgeng oleh karena itu harus dilindungi, dihormati dan dipertahankan, tidak boleh diabaikan atau dirampas oleh siapapun.

“Perlu kita sadari bersama bahwa bukan sekedar memperingati, tetapi kita juga perlu meresapi konsep HAM itu sendiri. Yang mana kita harus saling menghargai dan menghormati satu sama lain,” tukasnya.

Dikemukakan, setiap manusia sudah selayaknya hidup bebas dari segala bentuk diskriminasi dan kekerasan. Masyarakat berhak memiliki hak atas hidup sejahtera tanpa ancaman dari pihak manapun.

“Jadi tugas negara untuk melindungi masyarakat dari segala ancaman dan tindakan kekerasan yang membuat mereka hidup dalam tekanan,” tandasnya.

Menurut dia, masalah HAM di Papua sudah seharusnya menjadi perhatian utama pemerintah. Karena banyak kasus kekerasan, penembakan dan pertumpahan darah yang terjadi terhadap warga sipil di beberapa daerah di Papua seperti di Nduga, Maybrat dan wilayah pelosok yang jarang terekspos.

“Pemerintah harus selalu menjamin masyarakat yang ada di daerah konflik itu hidup bebas dari ketakutan dan ancaman. Menjamin pendidikan dan kesehatan mereka, keadilan harus selalu ditegakkan bagi seluruh rakyat Indonesia terutama di Papua,” paparnya.

Dikatakan, jangan hanya sumber daya alam saja yang sering disorot tapi hak hidup warga juga harus diperhatikan.(ana)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *