KESEHATAN

Cara Sederhana Menurunkan Gejala Asam Lambung

cropped cnthijau.png
4
×

Cara Sederhana Menurunkan Gejala Asam Lambung

Share this article
Menurunkan Gejala Asam Lambung
Menurunkan Gejala Asam Lambung

Timika, fajarpapua.com – Asam lambung naik menjadi hal yang cukup mengganggu. Selain itu, asam lambung naik juga dapat menyebabkan beberapa efek samping seperti rasa aneh di mulut, sakit tenggorokan dan sebagainya.

Dan ketika asam lambung sudah dalam kategori kronis dapat memicu terjadinya gangguan GERD atau refluk gastroesofageal. Dan saat ini tidak sedikit yang sudah tekena penyakit ini.

ads

Ada berbagai macam cara untuk mengurangi asam lambung yang naik. Yuk, simak poin – poin di bawah ini.

Tips Mengurangi Asam Lambung

Hindari makanan pemicunya

Menghindari makanan dan minuman yang menjadi pemicunya. Hal ini menjadi salah satu cara paling penting dalam mencegah dan mengurangi naiknya asam lambung Penderita sebisa mungkin harus menghindari makanan seperti, kopi, tomat, teh, coklat, makanan pedas dan berlemak. Makanan ini dapat memicu naiknya asam lambung jika dikonsumsi secara terus menerus.

Mengurangi porsi makan

Perut yang kenyang dan penuh dapat memicu naiknya asam lambung dengan cepat. Ada baiknya jika kita mengonsumsi makanan dengan porsi kecil.

Meninggalkan minuman berakohol

Menghindari minuman beralkohol dan berkarbonasi. Alkohol adalah salah satu penyebab terjadinya refluks asam dan juga heartburn. Hal ini berkemungkinan besar dapat memperparah GERD.

Dan minuman berkarbonasi lebih baik dihindari karena dapat mengakibatkan sendawa. Sehingga asam lambug dapat naik dan emnyebabkan kerongkongan sakit.

Berhentilah merokok

Nikotin yang ada pada rokok menjadi salah satu penyebab asam lambung terganggu. Zat ini dapat mengendurkan oragan sfinger esofagus dan menyebabkan naiknya kadar asam lambung.

Jangan langsung tidur setelah makan

Hindari langsung tidur ketika sehabis makan besar. Hal ini dapat mengurangi kadar asam lambung yang berlebih di dalam lambung kita.

Selain itu, ketika tidur, pastikan sandaran kepala lebih tinggi daripada perut / kaki. Sebainya beri ketinggian 10 hingga 20 cm lebih tinggi.

Badan idel

Diet dan menurunkan berat badan. Salah satu diet yang tepat adalah mengurangi konsumsi karbihodrat. Karena pada dasarnya karbo dapat memicu naiknya kadar asam lambung.

Selain diet, menurunkan berat badan juga menjadi hal penting. Otot diafragma dapat lebih kendur ketika lemak lebih sedikit. Hal ini dapat memperkuat organ sfinger esofagus dan menjaga aar asam lambung tidak naik ke kerongkongan.

Pastikan juga untuk berkonsultasi kepada ahlinya untuk mendapatkan perawatan dengan tepat. Salam sehat dan pastinya, Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *