BERITA UTAMAMIMIKA

Yayasan Maramowe Weaiku Kamorowe Raih Penghargaan Anugerah Kebudayaan Indonesia dari Kemendikbud

cropped cnthijau.png
11
×

Yayasan Maramowe Weaiku Kamorowe Raih Penghargaan Anugerah Kebudayaan Indonesia dari Kemendikbud

Share this article
Anggota Maramowe Weaiku Kamorowe saat pameran di Jakarta.
Anggota Maramowe Weaiku Kamorowe saat pameran di Jakarta.


 
Upaya pelestarian budaya Kamoro mulai dirintis sejak tahun 1996 oleh Dr. Kal Muller yang menjadi penasihat di Yayasan Maramowe. Dimulai dengan menggelar Pesta Budaya Kamoro atau Kamoro Kakuru yang menjadi sarana promosi budaya ini kepada publiK. Bagi para seniman Kamoro, pesta budaya ini merupakan titik awal bangkitnya seni ukir yang sempat meredup dan kembalinya rasa percaya diri para pengukir oleh apresiasi yang diberikan para pengunjung. Perhelatan besar yang didukung penuh oleh PT Freeport Indonesia beserta perusahaan privatisasi dan kontraktor yang mendukung operasional tambang di Kabupaten Mimika.
 
Ketika Festival Kamoro berakhir di tahun 2005 dan semangat berkarya para seniman telah pulih, Yayasan Maramowe menyusun berbagai program kerja untuk membantu para seniman dalam memasarkan produk mereka. Dukungan dana dan berbagai fasilitas dari PT Freeport Indonesia memungkinkan program kerja Yayasan Maramowe berjalan lancar. Promosi budaya kian gencar dilakukan, baik melalui kegiatan pameran dan penjualan karya seni (ukir dan anyam), pertunjukan seni (musik, tari dan lagu), publikasi positif dan kampanye budaya. Tim kerja di Yayasan Maramowe aktif mendokumentasikan kegiatan budaya dan pesta adat, menggali informasi dan mengumpulkan catatan sejarah, hingga menerbitkan serial buku tentang Papua. Memperkenalkan budaya Kamoro melalui dunia pendidikan demi menumbuhkan rasa cinta akan ragam budaya di Indonesia pada generasi muda, karena budaya merupakan jati diri dan identitas bangsa.
 
Yayasan Maramowe telah menjadi rumah bagi lebih dari 500 orang seniman Kamoro. Upaya pelestarian, pemberdayaan, pendampingan dan promosi budaya Kamoro akan terus berlanjut. Penghargaan Anugerah Kebudayaan Indonesia 2021 yang diberikan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan kepada Yayasan Maramowe Weaiku Kamorowe untuk kategori Pelestari dengan karya Pelestari Budaya Kamoro menjadi hadiah yang indah, tepat pada tahun ke-25 tim kerja mendampingi para seniman Kamoro. Pencapaian ini tidak lepas dari dukungan para mitra kerja, kinerja tim Yayasan dalam melakukan pelayanan dan peran besar para seniman dalam berkarya.
 
“Ndoro Kamoro Kakuru Waiya Nenekapoka Aemamekamo”
(Kami menjaga Budaya Kamoro dengan segenap hati).(ana)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *