BERITA UTAMAMIMIKA

3.319 Peserta Gugur Seleksi Administrasi, Pendaftar Bintara Polri Polda Papua Tersisa 11.265, Sub-Panda Timika Diikuti 6 Polres

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
15428
×

3.319 Peserta Gugur Seleksi Administrasi, Pendaftar Bintara Polri Polda Papua Tersisa 11.265, Sub-Panda Timika Diikuti 6 Polres

Share this article
IMG 20240428 WA0001
Rikmin awal para peserta seleksi Sub Panda Polres Mimika.

Jayapura, fajarpapua.com – Sebanyak 11.246 orang pendaftar Bintara Polri Polda Papua lolos verifikasi administrasi dan akan mengikuti tes selanjutnya. Khusus Sub Panitia Daerah (Panda) Timika menjadi pusat pelaksanaan tes untuk 6 Polres di wilayah provinsi Papua Tengah.

Kepala Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Papua Kombes Sugandhi mengatakan sebanyak 14.565 orang mendaftar untuk menjadi bintara Polri, namun hanya 11.246 peserta yang akan mengikuti tes berikutnya, sedangkan 3.319 lainnya gugur.

ads

Kepada awak media, Jumat (26/4), Kombes Sugandhi mengatakan setelah dinyatakan lolos administrasi, peserta melaksanakan pemeriksaan kesehatan.

Saat ini tercatat 600 orang sedang mengikuti pemeriksaan kesehatan tahap pertama dan pelaksanaan kesehatan berlangsung di dua tempat yakni pada panitia daerah Polda Papua di Jayapura dan sub-panitia daerah Mimika di Timika.

Untuk sub- panitia daerah Mimika akan melayani pendaftar dari 6 kabupaten yakni Polres Mimika, Polres ⁠Intan Jaya, Polres Asmat, Polres Puncak, Polres Nduga, dan Polres Nabire.

Sedangkan sisanya yakni Polresta Jayapura, Polres Jayapura, Polres Keerom, Polres Sarmi, Polres Paniai, Polres Dogiyai, Polres Yahukimo,Polres Pegunungan Bintang, Polres Jayawijaya, Polres Deiyai, Polres Boven Digoel, Polres Mappi, Polres Sarmi, Polres Lanny Jaya, Polres Mamberamo Raya, Polres Tolikara, Polres Puncak Jaya dan Polres Mamberamo Tengah, dipusatkan di Polda Papua di Jayapura.

Ia mengatakan pada 2024 Polda Papua akan menerima 2.000 orang bintara yang akan dididik di beberapa Sekolah Polisi Negara (SPN) yang ada di Pulau Jawa.

Bintara-bintara itu nantinya akan ditempat di polres-polres yang ada di wilayah hukum Polda Papua, kata dia, khususnya pada tiga provinsi baru yakni Papua Tengah, Papua Pegunungan dan Papua Selatan.

Sementara itu Kapolresta Jayapura Kota Kombes Victor Mackbon mengakui animo pemuda yang ingin menjadi anggota Polri di wilayah Polresta Jayapura makin banyak yakni tercatat 2.500 orang.

Minat pemuda yang mendaftar untuk menjadi anggota Polri memang banyak, namun dari 2.500 orang yang mendaftar, yang lolos pemeriksaan administrasi awal tercatat sekitar 1.900-an orang.

“Jumlah itu akan terus berkurang karena seleksi yang dilakukan menggunakan sistem gugur,” kata Kombes Mackbon.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *