KESEHATAN

Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Ditengah Gempuran Flu dan Virus Omicron

cropped cnthijau.png
4
×

Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Ditengah Gempuran Flu dan Virus Omicron

Share this article
Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Ditengah Gempuran Flu dan Virus Omicron
Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Ditengah Gempuran Flu dan Virus Omicron

Timika, fajarpapua.com – Lonjakan kasus Covid-19 varian Omicron semakin santer diberitakan. Sebagai masyarakat yang peduli pada kesehatan bersama, selain disiplin menerapkan protokol kesehatan kita juga perlu menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Adanya daya tahan tubuh yang kuat sangatlah dibutuhkan tubuh untuk tetap terlindungi ditengah gempuran flu dan virus omicron ini.

ads

Covid-19 varian Omicron tidak sekadar telah mewabah di Indonesia, namun di negara lainpun varian ini tengah mendapatkan perhatian khusu.

Oleh sebab itu dibawah ini beberapa tips untuk meningkatkan daya tahan tubuh yang bisa Anda lakukan :

1.Mengonsumsi suplemen penunjang daya tahan tubuh

Asupan makanan saja terkadang belum cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian kita. Oleh sebab itu beberapa suplemen direkomendasikan untuk dikonsumsi sebagai tambahan untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap kuat.

Bermacam kandungan nutrisi dalam suplemen sangat baik untuk daya tahan tubuh. Salah sartu suplemen yang banyak direkomendasikan ialah Vitamin C. Vitamin C menjadi salah satu nutrisi yang terbukti mampu memperkuat daya tahan tubuh.

Kekurangan vitamin C bisa membuat tubuh rentan terkena penyakit termasuk flu dan virus omicron.

2.Mengonsumsi makanan bergizi

Perhatikanlah asupan makanan sehari hari.  Kebutuhan akan nutrisi penting untuk dipenuhi dalam mendukung fungsi pembentukan kekebalan tubu.

Beberapa pilihan makanan bergizi yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh diantaranya; buah dan sayuran, seperti jambu biji, jeruk, pepaya, apel, kangkung, bayam, kacang-kacangan, ubi, tomat, dan wortel.

Jenis makanan berfermentasi seperti yogurt. Kemudian makanan yang tinggi protein, seperti telur, tahu, tempe, daging tanpa lemak, dan daging unggas.

Makanan dengan kandungan lemak baik, seperti alpukat, salmon, biji chia, dan minyak zaitun. Dan tidak lupa minum air putih yang cukup untuk mencegah dehidrasi.

3. Mencukupi waktu tidur dan istirahat

Menyediakan waktu yang cukup untuk istirahat juga dapat memperkuat daya tahan tubuh.

Tatkala seseorang sedang sakit, entah itu gejala flu atau sebagai pasien covid-19 seseorang dianjurkan untuk banyak tidur agar sistem imunnya dapat melawan penyakit dengan lebih baik.

Waktu recovery akan menjadi lebih cepat jika kualitas tidurnya prima. Apabila Anda mengalami gangguan tidur, cobalah jauhi gadget minimal 1 jam sebelum tidur dan tetapkan waktu tidur yang konsisten.

4. Berolahraga secara rutin

Berolahraga aktif sangat membantu untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Berolahraga secara rutin bisa membuat peredaran darah lancar, tubuh terbebas stres, dan tidur menjadi lebih nyenyak .Anda dapat memulai berolahraga rutin minimal 30 menit setiap hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *