KESEHATAN

5 Khasiat Tersembunyi Bunga Telang Bagi Kesehatan

cropped cnthijau.png
69
×

5 Khasiat Tersembunyi Bunga Telang Bagi Kesehatan

Share this article
bunga telang si biru keungu unguan yang banyak khasiatnya m 223484
bunga telang si biru keungu unguan yang banyak khasiatnya m 223484

Timika, fajarpapua.com – Bunga telang atau Clitoria ternatea tumbuh subur di wilayah tropis Indonesia dengan  warna biru cerah yang khas. Selain dijadikan sebagai tanaman hias, bunga telang biasanya juga ditambahkan pada makanan sebagai pewarna.  Ternyata bunga telang pun memiliki potensi luar biasa bagi kesehatan.

Bunga telang memiliki kandungan berfungsi sebagai antioksidan, antibakteri, anti inflamasi dan analgesik, antiparasit dan antasida, antidiabetes, anti-kanker, antihistamin, immunomodulator, dan potensi berperan dalam susunan saraf pusat.  Khasiat bunga telang tersebut pun merupakan senyawa yang mudah diserap tubuh sehingga sangat berguna untuk menjaga kesehatan Anda. Berikut lima khasiat bunga telang dilansir dari berbagai sumber.

ads

1. Meningkatkan Fungsi Organ Mata

Bunga telang kaya dengan kandungan antioksidan jenis proanthocyanidin. Kandungan ini ditemukan dari sebuah riset yang dilakukan Social Science Research Network (SSRN). Hasil riset menunjukkan bunga telang memiliki proanthocyanidin yang berkhasiat menignkatkan kerja organ mata dengan meningkatkan aliran darah di kapiler mata.

Peningkatan aliran darah pada mata memungkinkan sensitivitas mata pada perubahan cahaya meningkatka, sehingga penglihatan lebih optimal. Menurut hasil riset yang sama, bunga telang juga berkhasiat mencegah munculnya katarak mata serta glaukoma.

2. Membantu Meredakan Penyakit Asma

Berdasarkan hasil penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Ethnopharmacolog pada tahun 2011, bunga telang mampu meredakan sakit asma menahun.  Kandungan anti-inflamasi pada bunga telang dapat bekerja untuk mengurangi peradangan, pembengkakan, dan produksi lendir di sepanjang saluran pernafasa pada penderita asma.

3. Meningkatkan memori otak

Kandungan senyawa berkhasiat selanjutnya dari bunga telang ialah mampu meningkatkan kadar asetilkolin dalam otak manusia. Asetilkolin merupakan zat yang berfungsi sebagai neurotransmiter pada jaringan otak yang menjaga fungsi normal otak dan tubuh. Kadar Asetilkolin yang baik di otak berfungsi dalam meningkatkan kewaspadaan, perhatian, pembelajaran, dan memori.

4. Menjaga Sel Tubuh

Antioksidan pada bunga telang juga berfungsi melindungi sel-sel dalam tubuh agar berfungsi optimal. Antioksidan dapat diperoleh dari air bunga telang dengan menyeduhnya menjadi teh. International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences mencatat sumber antioksidan pada bunga telang berasal dari ekstrak metanol di dalamnya.

5. Menurunkan Risiko Diabetes

Ekstrak bunga telang terbukti mampu meningkatkan kadar antioksidan dalam tubuh dan mengurangi kadar gula darah serta insulin. Antioksidan ini mampu mencegah terjadinya kerusakan sel dan komplikasi lain yang memicu diabetes. Konsumsi bunga telang secara rutin dapat menekan risiko diabetes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *