KESEHATAN

Bahaya, Hindari Mengkonsumsi Makanan Sehat Berikut Secara Berlebihan

cropped cnthijau.png
5
×

Bahaya, Hindari Mengkonsumsi Makanan Sehat Berikut Secara Berlebihan

Share this article
5f279fcd72357
5f279fcd72357

Timika, fajarpapua.com – Semua orang tentu akan memilih mengkonsumsi makanan sehat untuk kebutuhan sehari-hari. Baik itu sayuran, buah-buahan hingga beberapa makanan sehat lainnya yang memiliki nutrisi baik.

Namun masih ingatkah kamu ada pepatah jika segala  sesuatu yang berlebihan itu tidaklah baik? Ternyata hal tersebut juga berlaku pada makanan sehat yang mungkin saja kita setiap hari mengkonsumsi nya.

ads

4 Makanan Sehat Yang Berbahaya Jika Dikonsumsi Berlebihan

Secara tidak sadar mungkin kita pernah mengonsumsi makanan  secara berlebihan yang justru menurut kita akan memberikan dampak baik untuk tubuh, namun kenyataannya sebaliknya. Berikut ini beberapa makanan sehat yang justru akan berbahaya untuk kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan:

  1. Oat

Makanan sehat pertama yang tidak baik dikonsumsi secara berlebihan adalah oat. Mengkonsumsi secara berlebihan memungkinkan kamu akan mengalami masalah perut kembung serta buang air besar.

Dalam sebuah penelitian menyebutkan jika penyakit sembelit bisa diobati secara signifikan dengan cara mengurangi jumlah asupan serat pada makanan. Selain itu mengkonsumsi banyak oat juga bisa menaikkan berat badan.

  1. Keju

Meskipun memiliki nutrisi yang baik nyatanya mengkonsumsi terlalu banyak keju juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung yang cukup tinggi. Makanan tinggi lemak jenuh ini juga terkenal bisa menjadi pemicu penyakit jantung koroner.

Mungkin jika makan beberapa saja kamu tidak akan merasakan dampaknya. Namun jika dikonsumsi secara berlebihan keju juga dapat menyebabkan rasa mulas akibat hormon sitokinin yang dilepaskan ketika memakannya.

  1. Pisang

Memakan banyak pisang juga dapat menyebabkan kerusakan pada gigi. Seperti halnya gula, pisang memiliki bakteri yang dapat merusak email gigi.

Meskipun jumlah gula yang terdapat dalam kandungan pisang kurang pekat namun sebaiknya kamu tidak mengkonsumsi buah pisang secara berlebihan. Cukup konsumsi pisang sebanyak 2 buah dalam sehari untuk mencapai batas yang sehat.

  1. Nasi

Meskipun enak nyatanya nasi merupakan makanan yang memiliki kandungan vitamin sangat sedikit. Jika terlalu banyak mengonsumsi nasi maka bisa saja akan menghilangkan semua vitamin yang ada didalamnya, serta membuat kadar insulin dalam tubuhmu menjadi naik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *