BERITA UTAMAMIMIKA

Panitia Rekonsiliasi Mimika Wee Tanam Pohon di Jalan Air Port Timika, Gelar Tarian Seka untuk Kumpul Dana

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
6
×

Panitia Rekonsiliasi Mimika Wee Tanam Pohon di Jalan Air Port Timika, Gelar Tarian Seka untuk Kumpul Dana

Share this article
Anggota Seksi Adat Panitia Rekonsiliasi Mimika Wee, David Weakoro bersama Panitia saat menanam pohon di jalan Bandara Timika, Minggu (20/3).
Anggota Seksi Adat Panitia Rekonsiliasi Mimika Wee, David Weakoro bersama Panitia saat menanam pohon di jalan Bandara Timika, Minggu (20/3).

Timika, fajarpapua.com – Wujudkan harapan berdamai dengan alam serta lingkungan, Panitia Rekonsiliasi Mimika Wee menanam pohon disepanjang jalan Bandara menuju Air Port Lama – Bandara Moses Kilangin Timika.

Penanaman pohon ini bertujuan mengajak seluruh masyarakat di Kota Timika untuk peduli terhadap lingkungan, terutama orang asli Mimika Suku Kamoro yang mana pada bulan April nanti akan berdamai kembali dengan Tuhan, alam- leluhur serta sesama manusia.

ads

Hal itu dikatakan Dominikus Mitoro SE.,M.Si kepada fajarpapua.com usai penanaman pohon di jalan Bandara Timika. Minggu, (20/3).

“Ini untuk pertama kalinya dalam kerja-kerja panitia menanam pohon. Selanjutnya panitia masih akan terus menanam pohon di pinggiran jalan, baik dalam kota maupun pinggiran kota,” tutur Mitoro.

Ia mengatakan, sebanyak sepuluh pohon jenis trambesi dan jati putih telah ditanam.

Selanjutnya beberapa jenis pohon yang sama akan ditanam juga di beberapa titik yang berbeda.

Selain penanaman pohon, pada kesempatan itu panitia Rekonsiliasi Mimika Wee melaksanakan pentas seni berupa tarian adat Mimika alias Seka untuk menghibur sekaligus menunjukan kepada khalayak umum di sekitaran daerah wisata Pagar Kuning Timika.

Pentas tarian seka itu merupakan salah satu langkah kerja panitia dalam upaya mencari dan mengumpulkan dana dengan menyediakan kotak sumbangan.

Sehingga, kata dia, warga kota Timika jangan merasa sungkan untuk memberi atau sekedar bertanya kepada panitia yang ada, apa yang sedang mereka laksanakan pada saat itu maupun diwaktu yang akan datang.

Terpisah, Ketua forum Anak Cucu Perintis (ACP) Kabupaten Mimika, Maikel Orun Rumlus menilai kegiatan yang dilakukan Panitia Rekonsiliasi ini sangat baik.

Karena selain bermanfaat bagi lingkungan juga bernilai positif karena bisa menghimpun anak muda dan semua orang tua dalam beberapa kegiatan yang mereka sudah laksanakan sebagai tahapan menuju puncak acara di Kokonao nanti.

“Luar biasa, apa yang sementara dikerjakan oleh panitia ini. Kita semua forum organisasi dan paguyuban sosial kemasyarakatan di Kabupaten Mimika harus mendukung penuh,” pesan Maikel.(eddy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *