KESEHATAN

Beberapa Khasiat Menakjubkan Daun Kelor yang Jarang Diketahui

cropped cnthijau.png
8
×

Beberapa Khasiat Menakjubkan Daun Kelor yang Jarang Diketahui

Share this article
1985616504p
1985616504p

Timika, fajarpapua.com – Daun Kelor sebagai daunyang berasal dari tumbuhan Moringa oleifera secara umum terkenal sebagai salah satu bahan masakan. Namun sebenarnya tak hanya enak dicampur ke dalam masakan, tetapi daun kelor ini menyimpan banyak rkhasiat sebagai obat alami yang diperlukan tubuh kita.

Daun kelor telah turun temurun terkenal segar saat dijadikan sebagai sup kelor.  Di balik segarnya racikan kelor didalamnya terkandung banyak nutrisi mulai dari vitamin A, vitamin B6, serta vitamin C. Selain itu kelor mengandung zat anti inflamasi, zat besi dan magnesium yang dibutuhkan oleh tubuh.

ads

Tak ayal sejak lama kelor banyak dimanfaatkan akar, biji, bunga dan daunnya oleh masyarakat Indonesia sebagai obat herbal. 

Beberapa bentuk pengobatan herbal menggunakan kelor diantaranya untuk mengobati peradangan, nyeri sendi, sakit jantung serta berbagai jenis infeksi akibat bakteri, virus dan jamur. Lebih lanjut begini khasiat menakjubkan dari daun kelor yang jarang diketahui :

Mengurangi Efek Peradangan

Khasiat tersembunyi daun kelor yang pertama ialah mampu mengurangi peradangan.  Adanya peradangan biasa terjadi sebagai respons alami tubuh terhadap infeksi atau cedera.

Namun perlu diperhatikan jika terjadi peradangan berkelanjutan akan memicu banyak masalah kesehatan yang lebih kronis, termasuk penyakit jantung dan kanker.

Sebagai salah satu dari sebagian besar buah-buahan, sayuran, ataupun rempah, daun kelor secara alami mengandung zat yang sifatnya sebagai anti-inflamasi. Di dalam daun kelor mengandung isothiocyanates yakni senyawa anti inflamasi yang terdapat pada daun, polong dan biji kelor.

Ampun Lawan Racun dalam Tubuh

Khasiat selanjutnya dari daun kelor ialah mampu membantu melawan adanya racun dalam tubuh. Salah satu jenis racun yang dapat dinetralisir oleh daun kelor ialah senyawa racun arsenik.

Senyawa racun arsenik sendiri bisa terkandung di dalam makanan yang berasal dari bahan makanan yang tercemar. Saat kita mengonsumsi terlalu banyak bahan makanan yang tercemar kemungkinan akan meningkatkan risiko kita terkena penyakit kanker.

Mengatasi Keluhan pada Lambung

Ekstrak daun kelor dapat Anda gunakan untuk meringankan beberapa gangguan lambung seperti sembelit, gastritis. Kelor memiliki zat antibiotik dan antibakteri yang dapat membantu tubuh dalam menghambat berbagai patogen.

Tak lupa kandungan vitamin B dalam daun kelor yang tinggi dapat membantu melancarkan kerja pencernaan.

Memberikan Proteksi pada Sistem Kardiovaskular

Ekstrak daun kelor memiliki kandungan Antioksidan yang kuat. Kandungan ini dapat  membantu mencegah tanda kerusakan jantung dan juga terbukti dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *