BERITA UTAMALIFESTYLE

5 Tips Berbuka yang Baik untuk Tubuh

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
7
×

5 Tips Berbuka yang Baik untuk Tubuh

Share this article
Kurma baik untuk berbuka puasa
Kurma baik untuk berbuka puasa

Timika, fajarpapua.com – Tahukah kamu, tubuh kita tetap membutuhkan asupan gizi yang sama dengan hari-hari lainnya saat bulan Ramadhan? Namun, jika di hari-hari biasa proses pemenuhan zat gizi dilakukan secara bertahap melalui sarapan, makan siang dan makan malam, maka di bulan Ramadhan yang berbeda adalah pembagian waktunya. Menu buka puasa, makan malam dan menu sahur tentu perlu disiapkan dengan baik agar dapat memenuhi kebutuhan gizi.

Sering kali kita hanya ‘lapar mata’ saat menyiapkan menu buka puasa. Padahal, buka puasa seharusnya bukan untuk ‘balas dendam’ setelah menahan lapar dan haus, tetapi untuk memberi gizi kepada tubuh sehabis berpuasa seharian. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menyiapkan menu buka puasa yang sehat bagi tubuh.

  1. Berbuka dengan yang manis, dengan tujuan memberi asupan glukosa bagi tubuh agar kadar gula darah yang turun saat berpuasa menjadi normal kembali. Gula alami dari buah-buahan tentu merupakan pilihan yang baik, dan yang umum disantap saat berbuka puasa adalah buah kurma. Selain kaya akan gula alami, kurma juga tinggi kandungan seratnya.
  2. Konsumsi air putih saat berbuka agar tubuh tidak mengalami dehidrasi. Selain air putih, air kelapa, jus dan susu juga bisa menjadi pilihan. Hindari konsumsi sirup yang terlalu banyak agar konsumsi gula tidak menjadi berlebihan.
  3. Hindari minuman dingin yang menggunakan es dalam menu buka puasa. Menurut Prof. Dr. Made Astawan, Ahli Teknologi Pangan dan Gizi IPB, dalam Kompas.com, es dapat menahan rasa lapar sehingga perut terasa kenyang saat seharusnya kita menyantap makanan yang bergizi untuk memulihkan stamina dan memenuhi kebutuhan tubuh.
  4. Hindari makanan berat sebagai menu buka puasa karena akan membebani kerja lambung yang beristirahat selama kita berpuasa. Makan berat, atau makan malam, bisa disantap 30 menit sampai 1 jam setelah berbuka puasa. Pastikan ada jeda antara waktu berbuka dan makan malam. Selain itu, kunyah makanan dengan baik untuk mengurangi kerja lambung.
  5. Pilih menu yang sehat sebagai makan malam. Lagi-lagi, jangan berlebihan saat makan malam setelah berpuasa. Tetap makan dengan menu seimbang dan pilih sumber pangan yang menyehatkan bagi tubuh. Karena saat kita berpuasa asupan gizi tetap sama, hanya jadwal makannya saja yang berubah.(net)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *