BERITA UTAMAMIMIKA

Lengkapi Meubeler Butuh Rp 45 Miliar, Terminal Bandara Timika Ditargetkan Rampung Akhir Tahun

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
10
×

Lengkapi Meubeler Butuh Rp 45 Miliar, Terminal Bandara Timika Ditargetkan Rampung Akhir Tahun

Share this article
Wabup John Rettob saat memantau pembangunan Bandara Mozes Kilangin Timika.
Wabup John Rettob saat memantau pembangunan Bandara Mozes Kilangin Timika.

Timika, fajarpapua.com – Gedung Terminal Penumpang Bandara Mozes Kilangin Timika, Papua yang dibangun oleh Pemda setempat ditargetkan rampung dikerjakan pada akhir tahun ini.

Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob di Timika, Sabtu, mengatakan pembangunan gedung terminal penumpang Bandara Timika sisi selatan yang bersampingan dengan gedung terminal penumpang yang dibangun Kementerian Perhubungan itu saat ini pembangunannya sudah sekitar 61.9 persen.

ads

Bangunan tersebut hampir sama persis dengan gedung terminal penumpang yang dibangun Kemenhub, berkonstruksi dua lantai dengan luas 21.000 meter persegi.

“Sesuai dengan pekerjaan multi years kontrak, seharusnya sampai akhir tahun ini sudah bisa rampung. Namun masih ada kekurangan biaya untuk pekerjaan aksesoris di bagian dalam seperti meubeler, elektrifikasi dan lain sebagainya,” jelasnya.

Untuk menyelesaikan pekerjaan aksesoris di bagian dalam gedung terminal penumpang Bandara Timika yang dibangun Pemda tersebut, katanya, masih dibutuhkan anggaran sekitar Rp45 miliar.

Meski pembangunan gedung terminal penumpang Bandara Timika oleh Pemda tersebut bisa rampung hingga akhir tahun, namun fasilitas itu belum bisa dioperasikan jika belum dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung di bagian dalam, termasuk fasilitas displai untuk sistem informasi penerbangan.

John Rettob mengatakan nantinya kedua gedung terminal penumpang Bandara Timika sisi selatan baik yang dibangun oleh Kemenhub maupun Pemda akan terhubung satu dengan yang lain dengan luas total secara keseluruhan mencapai 42.000 meter persegi, berkonstruksi dua lantai.

Dengan luas terminal penumpang Bandara Timika seperti itu, menurut John, terminal Bandara Timika nantinya akan menjadi yang terluas kedua di kawasan timur Indonesia setelah terminal Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan.

“Kalau semua sudah rampung, terminal Bandara Timika akan menjadi yang terbesar kedua di kawasan timur Indonesia,” jelasnya.

Saat ini Dinas Perhubungan Mimika bahkan sudah memasang tiga unit Garbarata di gedung terminal penumpang Bandara Timika sisi selatan yang dibangun Pemda Mimika itu.

Rencananya tiga Garbarata yang terhubung dengan lantai dua tersebut akan segera dimanfaatkan untuk pemberangkatan dan kedatangan penumpang di Bandara Timika yang kini masih menggunakan gedung terminal penumpang sisi selatan yang dibangun Kemenhub.

“Kita harapkan bulan Juni lantai dua terminal penumpang yang dibangun Kemenhub akan dioperasikan. Nanti penumpang akan masuk ke pesawat melalui Garbarata dari lantai dua terminal penumpang yang dibangun Pemda. Saat ini kontraktor sedang mengerjakan koridor agar nantinya penumpang bisa menggunakan Garbarata dari lantai dua terminal penumpang yang dibangun Pemda,” jelas John.(ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *