BERITA UTAMAPAPUA

Pemuda Katolik Papua Gelar Masa Penerimaan Anggota Dan Muskomcab, Mampu Perjuangkan Kesejahteraan Umum

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
4
×

Pemuda Katolik Papua Gelar Masa Penerimaan Anggota Dan Muskomcab, Mampu Perjuangkan Kesejahteraan Umum

Share this article
Pastor Yanuarius You
Pastor Yanuarius You

Jayapura, fajarpapua.com- Pemuda Katolik Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura dan Kabupaten Keerom menggelar Masa Penerimaan Anggota (Mapenta) dan Musyawarah Komisariat Cabang (Muskomcab) di Aula Panti Asuhan Hawai Sentani, Sabtu (22/5/2022).

ads

Dalam kegiatan tersebut pemuda Katolik menghadirkan pemateri ajaran sosiologi gereja (ASG), sekaligus Ketua Sekolah Tinggi Filsafat dan Teologia (STFT) Fajar Timur, Pastor Yanuarius You, Pr.

Pastor Yanuarius You mengatakan, pemuda katolik hendaknya bisa menghayati dan mengimplementasikan ajaran sosial gereja katolik sebagai pemuda yang mengikuti kristus dimana berani memperjuangkan kehidupan manusia.

Ia katakan, pemuda katolik di Papua hendaknya mampu menyampaikan aspirasi masyarakat demi kemanusiaan, dan mampu memperjuangkan kesejahteraan umum dan kesejahteraan bersama mulai sejak muda.

Selain itu, pemuda katolik juga harus melihat sejumlah permasalahan yang terjadi pada masyarakat seperti jika ada pelanggar dalam masalah sosial.

“Pemuda katolik hendaknya bisa bersuara ketika menemukan ada masalah sosial di tengah-tengah masyarakat sehingga ada perbaikan kedepan jika terdapat permasalahan dalam masyarakat kita,”katanya, Minggu (22/5/2022).

Oleh karena itu, sebagai pemuda katolik sebagai generasi penerus bisa mempersiapkan diri lebih baik mulai dari sekarang untuk kepentingan banyak orang dan juga untuk kemajuan bersama.

Sementara itu Ketua Pemuda Katolik Papua, Alfonsa J. Wayap meminta kepada karateker Komcab katolik se Papua yang vakum selama 11 tahun harus bangkit lagi kembali di kabupaten, kota. Untuk itu, kepada Komcab kabupaten/kota kedepan harus terus membangun komunikasi, koordinasi bagi kepemimpinan yang terpilih nanti.

“Jadi ketika kita mengikuti sebuah organisasi kita harus serius bersama-sama membangkitkan organisasi ini untuk kemajuan kita bersama. Ketika kita tidak bersatu maka, organisasi itu tidak akan berjalan dengan baik,”kata Alfonsa, Sabtu (21/5/2022).

Menurut dia, dalam mejalankan sebuah organisasi tentu akan mengalami beberapa kendala, namun itu bukan menjadi sebuah beban ketika bersama-sama menghadapi masalah tersebut.

Ditempat yang sama Plt Komcab Kabupaten Jayapura, Robertus Yewen, menyampaikan terima kasih kepada semua pemuda katolik yang hadir dalam Masa Penerimaan Anggota (Mapenta) dan Musyawarah Komisariat Cabang (Muskomcab).

“Saya berharap kepada semua peserta bisa mengikuti kegiatan ini dengan baik, karena kita akan diberikan materi dari pusat, sehingga keseriusan dari pemuda katolik ini bisa membangkitkan organisasi kita ini,”ujarnya.(hsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *