BERITA UTAMAPAPUA

Vaksinator Covid-19 Papua Sempat Diancam Warga Saat Bertugas di Nduga

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
7
×

Vaksinator Covid-19 Papua Sempat Diancam Warga Saat Bertugas di Nduga

Share this article
IMG 20220525 WA0046 copy 800x600 1
Salah satu vaksinator COVID-19 Papua Yamamoto Sasarari saat melakukan vaksinasi

Jayapura, fajarpapua.com – Vaksinator COVID-19 Papua Yamamoto Sasarari mengaku saat melaksanakan tugas sebagai vaksinator COVID-19 di Kenyam, Kabupaten Nduga, dirinya bersama rekan-rekannya sempat mendapat ancaman dari warga. 

Warga yang membawa aneka senjata tajam tradisional mendatangi tempat penampungan dan meminta mereka tidak melakukan vaksinasi. 

ads

Akibatnya Sekda setempat datang dan memberikan penjelasan kepada masyarakat sehingga mereka memahami dan kembali pulang ke honai atau rumah mereka masing-masing, kata Yamamoto di Jayapura, Rabu. 

Diakui, insiden itu terjadi pada tahun 2021 saat vaksinasi baru pertama kali dilaksanakan dimana masyarakat banyak yang belum menyadari pentingnya vaksinasi. 

“Puji Tuhan setelah diberi penjelasan mereka mau mengerti bahkan keesokan harinya mendatangi tempat vaksinasi dan minta divaksin, walaupun ada juga yang enggan,” aku Yamamoto. 

Yamamoto Sasarari yang menjabat sebagai Kepala Seksi Penyakit Tidak Menular Dinkes Papua mengaku penolakan itu tidak saja dialami di Kenyam tetapi beberapa daerah lainnya di kawasan pegunungan. 

“Kita harus memberi pemahaman kepada masyarakat agar tidak terpancing dengan informasi yang tidak benar terkait vaksinasi COVID-19 yang melanda berbagai kawasan di dunia sejak 2020,” katanya. 

“Dengan memberi informasi yang jelas dipastikan masyarakat mengerti dan memahaminya karena tanpa adanya komunikasi yang tepat maka masyarakat akan sulit menerima penjelasan yang sudah kita berikan,” kata Yamamoto. (Ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *