BERITA UTAMAPAPUA

Awas!! Ibukota Provinsi Papua Pegunungan Sasaran Peredaran Narkoba, Pos Ramil Benawa Amankan 2,7 Kilogram Ganja Siap Edar

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
4
×

Awas!! Ibukota Provinsi Papua Pegunungan Sasaran Peredaran Narkoba, Pos Ramil Benawa Amankan 2,7 Kilogram Ganja Siap Edar

Share this article
IMG 20220704 WA0073
Foto: Istimewa Dua pelaku penyelundupan Ganja saat diamankan Anggita Pos Ramil Berawal, Kodim 1702/Jayawijaya.

Jayapura,fajarpapua.com– Kota Wamena, Jayawijaya yang merupakan calon ibukota Provinsi Papua Pegunungan saat ini diduga menjadi salahsatu wilayah sasaran peredaran Narkoba.

Hal ini terbukti saat anggota TNI dari Pos Ramil Benawa, Kodim 1702/JWY pada Senin (4/7) berhasil menyita Narkoba jenis Ganja ketika melakukan sweping di Jalan Trans Jayapura-Wamena.

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

Tidak main-main, Ganja yang hendak diselundupkan dengan menggunakan sepeda motor oleh dua orang pelaku dari Jayapura ke Kota Wamena yang berhasil diamankan seberat 2,7 kilogram.

Danpos Ramil Benawa Kodim 1702/JWY, Serma Eko Seiring kepada fajarpapua.con, mengatakan sweping dilakukan karena marak penyeludupan Minuman Keras (Miras) dan juga Narkoba ke Kabupaten Jayawijaya melalui jalur darat Jalan Trans Jayapura-Wamena.

“Sweeping rutin kami lakukan dengan sasaran kendaraan yang melalui Jalan Trans Jayapura-Wamena dan kami berhasil mengamankan 2,7 kilogram Ganja kering yang akan diselundupkan dari Jayapura,” ujar Serma Eko.

Disebutkannya, untuk mengelabui petugas ganja tersebut dibawa oleh dua orang pelaku dengan berboncengan menggunakan satu unit sepeda motor.

Namun petugas berhasil mengamankan barang haram tersebut yang disembunyikan dalam kemasan barang bawaan mereka.

Selanjutnya kedua pelaku berinisial G (26) dan KD (26) diamankan dan untuk selanjutnya diserahkan kepada kepolisian untuk diproses hukum lebih lanjut.

“Dari keterangan pelaku yang diamankan, rencananya ganja tersebut akan dibawa ke wilayah Kabupaten Jayawijaya khususnya Kota Wamena untuk diedarkan. Untuk saat ini kedua pelaku dan Barang Bukti masih kami amankan di Pos Ramil Benawa,” katanya.

Terkait kasus penyelundupan narkoba tersebut, pihaknya telah melaporkan kepada Kodim1702/Jayawijaya.

“Untuk proses penyelidikan lebih lanjut kami juga sudah berkoordinasi dengan Pos Polisi Benawa dan juga Polres Yalimo,” pungkasnya.

Sementara itu, Dandim 1702/Jayawijaya, Letkol (Pnb) Athenius Murip saat dikonfirmasi membenarkan adanya penangkapan tersebut di wilayahnya.

“Saya selaku Dandim yang baru menjabat beberapa hari, sangat bangga dan mengapresiasi kinerja Anggota Pos Ramil Benawa yang turut serta membantu tugas Kepolisian terkait pencegahan penyelundupan barang-barang terlarang seperti halnya Miras dan juga Narkoba,” kata Dandim 1702/JWY.

Lebih lanjut dikatakan, sesuai perintah Pangdam XVII/Cenderawasih untuk pro aktif melakukan Sweeping mengingat Pos Ramil Benawa merupakan pintu keluar masuk poros utama transportasi darat dari Jayapura menunju ke Wamena.

“Dari penangkapan ini, saya berharap untuk kedepannya perlu diperketat lagi pemeriksaan yang dilaksanakan kepada setiap kendaraan maupun perorangan yang melewati Pos tersebut. Hal ini juga berlaku di setiap wilayah yang dianggap rawan penyelundupan miras dan norkoba ke Kab. Jayawijaya dan sekitarnya,” tegas Dandim.(hsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *