BERITA UTAMAMIMIKA

Beredar Pesan Berantai Fenomena Aphelion yang Membuat Suhu Udara di Timika Lebih Dingin, Begini Tanggapan BMKG…

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
4
×

Beredar Pesan Berantai Fenomena Aphelion yang Membuat Suhu Udara di Timika Lebih Dingin, Begini Tanggapan BMKG…

Share this article
IMG 20220721 WA0031
Fenomena aphelion

Timika, fajarpapua.com – Beredar pesan berantai di sejumlah media sosial soal adanya fenomena Aphelion yang terjadi mulai hari ini Kamis (21/7) hingga Agustus 2022 mendatang.

Dalam pesan tersebut, fenomena Aphelion ini disebut membust cuaca di Timika akan terasa lebih dingin dari suhu biasanya.

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

Bahkan saking dinginnya suhu hingga membuat tulang-tulang merasakan pegal-pegal dan bahkan hingga menyumbat tenggorokan yang dapat juga mengakibatkan batuk pilek.

Saat dikonfirmasi fajarpapua.com, BMKG Timika menyebutkan informasi soal fenomena Aphelion yang beredar adalah hoax atau tidak benar yang menimbulkan kekhawatiran masyarakat.

“BMKG Pusat mengatakan bahwa informasi itu tidak benar, kalaupun itu berkaitan dengan suhu yang lebih rendah saya kira itu cuaca ekstrem, kalau sampai ke batuk pilek itu tidak benar,” ujar Forecaster BMKG Timika, William Titahena, Kamis (21/7).

Menurutnya turunnya suhu di Timika belakangan ini lebih disebabkan karena Kabupaten Mimika sedang dalam bulan basah atau musim penghujan.

“Jika ada warga yang pilek, batuk dan mungkin suhu lebih dingin itu bukan karena Aphelion. Hal itu karena Kabupaten Mimika sejak Juni hingga Agustus mendatang curah hujan tinggi, dan puncaknya pada pertengahan hingga akhir Juli ini,” katanya.

William juga mengungkapkan, warga tidak perlu panik menanggapi hoax pesan berantai tersebut.

“Selama ini belum ada fenomena seperti itu apalagi hingga menyebabkan batuk pilek, paling yang terjadi karena cuaca ekstrem,” tutupnya (feb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *