BERITA UTAMAPAPUA

Gelar Rakerda Pertama, Program Kerja IWAPI Fokus Bina Pedagang Mama-mama Papua

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
8
×

Gelar Rakerda Pertama, Program Kerja IWAPI Fokus Bina Pedagang Mama-mama Papua

Share this article
ae077946 58bd 48d6 ae00 93c0fcfa57f6
Foto: HSB Para pengusaha wanita saat mengikuti Rakerda IWAPI Papua.

Jayapura,fajarpapua.com– Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Provinsi Papua menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) yang berlangsung di Hotel Suny Garden Like Sentani, Kamis (1/9).

ads

Rapat Kerja Daerah (Rakerda) DPD IWAPI Provinsi Papua ini diikuti oleh anggota dan pengurus dari seluruh Kabupaten/Kota se- Papua.

Gubernur Papua, Lukas Enembe dalam sambutannya yang dibacakan Staf Ahli Gubernur Papua Bidang SDM, Elsye P Rumbekwan, mengatakan rapat kerja daerah dalam satu organisasi merupakan agenda kegiatan yang sangat penting untuk kelangsungan kehidupan organisasi baik dalam rangka mengevaluasi program kerja yang telah dilaksanakan maupun untuk merumuskan kerja yang akan dijalankan di masa depan.

Selain itu, Rapat kerja daerah ini juga merupakan ajang silaturahmi satu sama lain bertukar pikiran, bertukar pandangan visi dan misi untuk membangun satu bangsa untuk membangun Papua melalui IWAPI.

Elsye mengatakan, IWAPI bukan hanya milikm sekelompok perempuan tertentu, tetapi untuk semua perempuan pengusaha di Papua termasuk perempuan pengusaha yang ada dipasar tradisional seperti perempuan penjual pinang yang berada di kaki lima.

“Saya berharap melalui hasil rapat kerja daerah ini IWAPI Provinsi Papua semakin tumbuh dan berkembang menjadi organisasi perempuan pengusaha yang besar dan solid serta memberikan manfaat terutama bagi anggota maupun masyarakat luas lainnya,”kata Elsye Rumbekwan, Kamis (1/9/2022).

Lanjut dia, kehadiran dan keberadaan IWAPI di Provinsi Papua dapat bersinergi secara positif dengan berbagai kebijakan dan program-program pemerintah daerah yang sedang giat-giatnya dilaksanakan sebagai wadah berhimpun para pengusaha perempuan didaerah ini, yang harus dikembangkan secara berdaya guna dan berhasil guna terutama dalam menciptakan pelaku-pelaku bisnis dan ekonomi yang lebih profesional mandiri dan berdaya saing tinggi.

Elsye Rumbekwan berharap kehadiran IWAPI dapat memberikan tempat bagi pengusaha perempuan Papua yang perlu diorbitkan sehingga menjadi pengusaha mudadiatur dalam anggaran dasar dan anggaran rumah tangga IWAPI.

Hanya dengan kondisi inilah maka organisasi IWAPI ini dapat berjalan dengan sukses serta menghasilkan perempuan perempuan mandiri serta melahirkan pemimpin baru yang memiliki kualitas dan kapasitas yang tidak diragukan lagi untuk memimpin organisasi ini dimasa depan.

Sementara itu Ketua Umum DPD IWAPI Provinsi Papua, Alawinsia Alinda Megawati, mengungkapkan, rapat kerja daerah IWAPI ini merupakan yang pertama kali dilakukan setelah dirinya terpilih menjadi ketua periode kedua.

Rakerda ini dilaksanakan untuk menyusun program IWAPI dalam pelaksanaan Rakernas pada tanggal 26-30 September 2022 di Jakarta. “Dari hasil Rakerda ini, program-program daerah akan kita bawa ke pusat untuk dibahas nanti bersama-sama di Pusat,”ujar Alinda Megawati.

Ia menjelaskan , IWAPI pun kedepan akan merangkul mama-mama Papua yang ada di pasar dengan melakukan pembinaan. Bahkan akan menjadi mentor bagi mama-mama Papua untuk mengajarkan mereka bagaimana bahan-bahan lokal bisa diolah untuk dijual sepeti sagu bisa menjadi martabak, kue, dan lainnya.

“Kita telah membantu 120 orang mama-mama Papua untuk diterbitkan nomor induk berusaha (NIB) yang telah diserahkan Presiden Joko Widodo kemarin,”tambahnya.

Alinda Megawati menambahkan, pihaknya juga telah membantu penerbitan NIB bagi 259 mama-mama, dengan adanya NIB ini mereka akan bisa mendapatkan kredit usaha dari bank-bank dalam mengembangkan usahanya kedepan.(hsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *