BERITA UTAMAMIMIKA

Jemput Keluarga Diakon Theodorus Tepa dari Kokonao, Ribuan Umat Mimika Wee akan Hadir di Paroki Sempan Timika

cropped cnthijau.png
8
×

Jemput Keluarga Diakon Theodorus Tepa dari Kokonao, Ribuan Umat Mimika Wee akan Hadir di Paroki Sempan Timika

Share this article
Tim Media dan IT sedang rapat persiapan di Aula Gereja Sempan.
Tim Media dan IT sedang rapat persiapan di Aula Gereja Sempan.

Timika, fajarpapua.com – Pada Minggu (16/10/2022), Gereja Katolik yang diwakili Uskup Mgr Hilarion Datus Lega, Pr akan mentahbiskan 3 diakon dan 2 frater di Gereja Katolik St. Stefanus Sempan.

Ketiga diakon yang akan ditahbis menjadi imam (Pastor-red) adalah Diakon Emanuel Richardus Buang Lela Pr, Diakon Ricky Carol Jeujanan, Pr dan Diakon Theodorus Yosep Tepa, OFM.

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

Sementara kedua frater yang akan ditahbis menjadi diakon adalah Frater Alpius Mujijau OFM dan Frater Domisius Wandi OFM.

Diantara ketiga diakon yang akan ditahbis ini, Theodorus Yosep Tepa, OFM merupakan putera asli Suku Mimika Wee (Kamoro). Dan ia merupakan anak Mimika Wee kedua yang akan ditahbiskan menjadi pastor setelah yang pertama Pastor Yosep Ikikitaro Pr.

Kepada Humas Panitia, Rabu (12/10/2022), Rafael Taorekeyau, Sekretaris Panitia Keluarga Pentahbisan Theodorus Yosep Tepa, OFM mengungkapkan kesiapan secara keseluruhan h-4 pentahbisan nanti.

“Persiapan h-4 menuju hari pentahbisan ini semua berjalan dengan baik, tidak ada kendala. Semua hal sudah disiapkan seperti prosesi adat, transportasi masyarakat dari kampung, konsumsi hingga perarakan dari rumah dan sebagainya sudah disiapkan oleh panitia,” ungkapnya.

Ia mengatakan prosesi adat nanti akan dilakukan dalam momentum ini, dimulai dari kediaman Diakon Theodorus Yosep Tepa, OFM hingga ke gereja.

“Proses adatnya sudah disiapkan, hari ini kami lagi jemput orangtua-tua dari Kokonao sekaligus mengantar BBM buat masyarakat karena pada hari H nanti mereka semua akan datang,” ujarnya.

Ia mengatakan, selain masyarakat 4 kampung yakni Kampung Akar, Mapar, Kipiya dan Pronggo yang sudah dipastikan akan hadir, masyarakat kampung pesisir lainnya juga akan hadir.

“Mereka 4 kampung ini akan hadir karena diakon pernah melayani (TOT) di sana. Selanjutnya masyarakat kampung lain juga akan menyesuaikan seperti Kokonao, Timika Pantai, Atuka, Aikawapuka, kampung-kampung di Mimika Timur dan sekitar Kota Timika juga akan hadir. Jadi perkiraan kami ribuan umat Mimika Wee akan hadir di pentahbisan ini,” ungkapnya.

Rafael juga mengatakan bahwa prosesi arak-arakan Diakon Theodorus Yosep Tepa, OFM dilakukan mulai dari kediaman orangtuanya di Jalan Budi Utomo lorong Mutiara menuju SD Santa Maria yang merupakan titik awal berkumpulnya 3 diakon dan 2 frater sebelum menuju ke Gereja Katolik Sempan.

“Kita lakukan prosesi adat mulai dari rumah. Diakon nanti akan diantar oleh masyarakat dan kedua orangtuanya secara khusus akan mendampingi beliau hingga pentahbisan di gereja nanti,” ungkapnya.

Perlu diketahui, Diakon Theodorus Yosep Tepa, OFM yang akan ditahbiskan menjadi pastor pada Minggu nanti, sedari kecil mengenyam pendidikan di Kokonao.

Setelah lulus dari SD Kokonao, ia kemudian melanjutkan pendidikan di SMP Kokonao. Saat SMA, ia sempat bersekolah di SMA Lokon Manado namun karena sakit, ia kembali dan melanjutkan studinya di SMA 3 Kokonao. Sementara sekolah imamatnya ia tempuh di Jayapura. (Ronald Renwarin/tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *