BERITA UTAMAMIMIKA

Dilengkapi Ruang Rawat Inap, Gedung Mewah Puskesmas Kwamki Narama Diresmikan Plt Bupati Mimika

cropped cnthijau.png
12
×

Dilengkapi Ruang Rawat Inap, Gedung Mewah Puskesmas Kwamki Narama Diresmikan Plt Bupati Mimika

Share this article
Plt Bupati Mimika Johannes Rettob saat meresmikan Puskesmas Kwamki Narama.
Plt Bupati Mimika Johannes Rettob saat meresmikan Puskesmas Kwamki Narama.

Timika, fajarpapua.com – Puskesmas Kwamki Narama yang dulunya merupakan Puskesmas Pembantu (Pustu) dari Puskesmas Timika yang masih tergabung dalam Kabupaten Fak-fak Tahun 1987 kini berdiri megah dengan dua lantai di Jalur 2 Kelurahan Harapan Distrik Kwamki Narama.

Gedung Baru Puskesmas Kwamki Narama tersebut secara langsung diresmikan oleh Plt Bupati Mimika, Johannes Rettob pada Senin (14/11) didampingi Kepala Dinas Kesehatan Reynold Ubra, Kepala Puskesmas Armind Ahyudi, dan Kepala Distrik Kwamki Narama Naftali E Hanuebi.

Ads

Peresmian yang dibarengi peringatan Hari Kesehatan Nasional yang ke 58 tahun itu juga dihadiri Forkopimda, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh perempuan, tokoh gereja, dan para stakeholder.

Gedung Puskesmas Kwamki Narama dibangun di atas tanah seluas tanah 77×77 meter, dilengkapi dengan ruang rawat inap. Untuk kegiatan pelayanan, dibackup dua Puskesmas Pembantu di Kampung Bintang Lima dan Merkurima.

Kepala Distrik Kwamki Narama Naftali E Hanuebi merasa bersyukur dan bahagia atas berdirinya gedung baru. Dengan adanya gedung itu masyarakat dipastikan memperoleh pelayanan yang baik dan Pemerintah Kabupaten Mimika juga terus membangun fasilitas kesehatan bagi masyarakat.

“Mari kita manfaatkan sebaik mungkin fasilitas yang ada. Tidak perlu berobat jauh, sudah ada Puskesmas disini. Tenaga kesehatan akan terus memberikan pelayanan yang ikhlas, tulus, dengan rasa tanggungjawab,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Puskesmas Kwamki Narama Armind Ahyudi mengatakan Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika melalui dana DAK non fisik membangun gedung baru Puskesmas Kwamki Narama yang megah dan mewah dengan penentuan lokasi pembangunan gedung baru itu melalui lintas sektor.

“Puskesmas Kwamki Narama terus berusaha keras untuk memenuhi kepuasan masyarakat dengan menyediakan jasa pelayanan baik rawat jalan maupun rawat inap,” katanya.

Dengan memiliki Motto “Kesehatan anda adalah prioritas pelayanan kami” Puskesmas tersebut bertanggungjawab jawab dalam upaya memberikan pelayanan perorangan ataupun upaya kesehatan masyarakat.

“Dimana 95 persen yang mengakses pelayanan adalah orang Asli Papua,” ungkapnya.

Selanjutnya Plt Bupati Mimika Johannes Rettob mengatakan dengan adanya Puskesmas Kwamki Narama ini diharapkan bisa mewujudkan harapan masyarakat yang sehat dan cerdas.

“Mari kita bangkit kembali menuju masyarakat yang cerdas. Puskesmas ini yang menjadi layanan primer harus terus ditingkatkan, ada juga pelayanan rujukan. Jadi apa yang kita lakukan selama ini coba kita tingkatkan supaya masyarakat merasa pemerintah itu ada,” ujar Plt Bupati.

“Kita kobarkan semangat melayani, mampu menangkap aspirasi masyarakat, semangat memandirikan masyarakat. Kita perhatikan Kwamki Narama, kita buat Kwamki Narama menjadi zona yang nyaman, zona yang aman damai. Kita jadikan Kwamki Narama terang dari pintu ke pintu,” pungkasnya. (feb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *